-->

Menggunakan ChatGPT di Kelas

Chat GPT dalam Pendidikan

Daftar isi:
  1. Apa Itu ChatGPT
  2. Cara Kerja ChatGPT/Penggunaan
  3. Kekurangan
  4. Kelebihan
  5. Dalam Pendidikan
  6. Evolusi ChatGPT
  7. Implikasinya ruang kelas
  8. Bisakah guru menggunakan Chatgpt sebagai alat untuk mengajar dan belajar?
  9. 20 Ide kegiatan dalam menggunakan ChatGPT
  10. 16 Kegiatan Favorite Admin dalam menggunakan ChatGPT

Selamat datang My ID, Sebelum kita bahas lebih lanjut Menggunakan ChatGPT di Kelas, mari kita ulas sedikit tentang ChatGPT

Banyak orang khawatir tentang bagaimana ChatGPT dapat digunakan oleh siswa untuk menipu tugas, tetapi yang mengejutkan, guru mungkin menganggap ChatGTP sama bergunanya. Misalnya, dapat menghasilkan pertanyaan tes multi-jawaban dalam hitungan detik, dan dapat dengan mudah memberikan komentar tertulis tentang bagaimana pekerjaan siswa dapat ditingkatkan.

Menggunakan ChatGPT sebagai alat pengajaran dapat membantu pengajar menghemat waktu yang berharga, sehingga mereka dapat berfokus pada tugas yang lebih penting. Manfaat teknologi AI inilah yang mendorong lebih banyak orang untuk memulai karir di AI.

Apa Itu ChatGPT

ChatGPT adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan para siswa untuk berkomunikasi secara real-time dengan guru dan teman sekelas mereka. Aplikasi ini memungkinkan para siswa untuk berbagi informasi, bertanya, dan berkolaborasi dengan mudah. Ini juga memungkinkan guru untuk mengirimkan tugas, mengawasi kemajuan siswa, dan mengirimkan pengingat untuk menyelesaikan tugas.

Untuk menggunakan ChatGPT di kelas, pertama-tama, guru harus mendaftar untuk akun ChatGPT. Setelah itu, guru dapat mengundang siswa untuk bergabung dengan kelas yang telah dibuat. Guru dapat mengirimkan pesan ke kelas, mengirim tugas, dan mengawasi kemajuan siswa. Siswa dapat berkolaborasi dengan teman sekelas mereka, bertanya, dan berbagi informasi.

ChatGPT dapat membantu guru dan siswa untuk belajar dan berkolaborasi secara efektif. Ini memungkinkan guru untuk mengawasi kemajuan siswa dan membantu siswa untuk berkolaborasi dengan teman sekelas mereka. Dengan menggunakan ChatGPT, guru dan siswa dapat meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan produktivitas di kelas

ChatGPT adalah asisten virtual bertenaga AI. Didukung oleh teknologi pemrosesan bahasa alami yang canggih dan algoritma pembelajaran mesin, memungkinkannya untuk memahami dan menanggapi percakapan manusia. Ini dirancang untuk menjadi pendamping yang membantu dan dapat diandalkan, menjawab pertanyaan dan memberikan bantuan dalam berbagai topik.

ChatGPT terus belajar dan beradaptasi dengan informasi baru, sehingga dapat memberikan respons yang lebih akurat dan bermanfaat. ChatGPT dikembangkan dan diluncurkan pada tahun 2020 oleh tim peneliti dan insinyur AI. Ini didukung oleh pemrosesan bahasa alami tingkat lanjut dan algoritma pembelajaran mesin. ChatGPT dirancang untuk menjadi pendamping yang membantu dan andal serta dapat menjawab pertanyaan dan memberikan bantuan dalam berbagai topik. Itu terus belajar dan beradaptasi dengan informasi baru, sehingga dapat memberikan tanggapan yang lebih akurat dan bermanfaat

Platform tersebut baru dirilis pada November 2022. Namun, dalam waktu kurang lebih satu minggu, jumlah pengguna ChatGPT telah mencapai lebih dari 1 juta.

Menurut Reuters, aplikasi tersebut dikembangkan oleh firma penelitian dan pengembangan OpenAI yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat (AS). OpenAI sendiri didirikan oleh sejumlah investor, termasuk Sam Altman, Peter Thiel, dan Elon Musk pada 2015

Cara Kerja ChatGPT.

Terdapat layanan chatbox yang terdapat di situs ChatGPT yang bisa Anda gunakan secara bebas. Ada juga kolom di bagian bawah halaman utama yang bisa Anda isi pertanyaan.

Meski chatbox menggunakan default bahasa Inggris, Anda juga bisa menulis pertanyaan dengan bahasa Indonesia. Jawaban yang akan diberikan akan disesuaikan dengan tata bahasa yang mudah dimengerti oleh pengguna.

Anda bisa mengajukan sejumlah pertanyaan dari berbagai segi, seperti permasalahan asmara, kesehatan, teori ilmiah, hingga kehidupan sehari-hari. Jawaban tersebut juga akan muncul dengan cepat sepersekian detik.

 Kekurangan.

  • Informasi tidak selalu benar atau akurat : Pertanyaan yang bersifat subjektif, atau yang memerlukan pengetahuan yang spesifik
  • Ketidakmampuan untuk memahami konteks: memahami konteks suatu pertanyaan atau situasi
  • Ketidakmampuan untuk memahami emosi: Chat GPT tidak dapat memahami emosi atau perasaan manusia
  • Ketidakmampuan untuk memahami makna figuratif: makna figuratif dari kata-kata atau frasa yang digunakan dalam bahasa natural
  • Ketidakmampuan untuk memahami sarkasme: Ejekan yang terkandung dalam bahasa natural
  • Bergantung terhadap data: Data yang tersedia untuk mempelajari Bahasa
  • Masalah privasi: enimbulkan masalah privasi karena model machine learning tersebut memproses banyak data yang mungkin berisi informasi pribadi 

Kelebihan

  • Efisiensi : Membantu meningkatkan efisiensi dengan menjawab pertanyaan atau membuat teks dengan cepat
  • Kemampuan: Dapat memahami bahasa natural dan menjawab pertanyaan, sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan sistem obrolan
  • Kemudahan penggunaan: Dapat diakses melalui berbagai perangkat seperti komputer, ponsel, atau tablet
  • Harga: Lebih murah daripada sistem obrolan yang membutuhkan staf manusia untuk menjawab pertanyaan pelanggan.
  • Skalabilitas: Dapat menangani banyak pertanyaan dalam waktu yang sama
  • Akurasi: Dapat memberikan jawaban yang lebih akurat daripada manusia karena dapat memproses banyak informasi dari sumber teks yang tersedia secara online.
  • Membantu guru dalam mengajar dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa. Fokus pada materi pelajaran dan memberikan bantuan lebih cepat kepada siswa yang membutuhkan.
  • Meningkatkan produktivitas : Pengguna dapat menyelesaikan tugas-tugas yang lebih cepat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Penggunaan Chat GPT

1.       Penjawab pertanyaan: Dapat digunakan sebagai sistem penjawab pertanyaan untuk menjawab pertanyaan pelanggan atau pengguna yang masuk ke dalam sistem obrolan. Mencari jawaban yang sesuai dari sumber teks yang tersedia secara online dan memberikan jawaban yang kepada pengguna.

2.       Pembuat teks: Dapat digunakan untuk membuat teks yang terdengar seperti ditulis oleh manusia. Bisa digunakan untuk tujuan hiburan atau seni, seperti membuat cerita atau puisi.

3.       Penerjemah: Dapat menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain

4.       Asisten virtual: Dapat digunakan sebagai asisten virtual, membantu pengguna dalam mencari informasi atau menyelesaikan tugas tertentu

5.       Chatbot: Dapat digunakan sebagai chatbot, membantu meningkatkan interaksi dengan pelanggan atau pengguna melalui sistem obrolan, dengan menjawab pertanyaan pelanggan atau membantu dalam mencari informasi yang diperlukan.

Kelebihan maupun kekurangan makhluk ini tidak kita bahas detail

Mari kita beralih dalam pendidikan

Dilansir melalui situs vice.com “Pemerintah dan Guru Mulai Memerangi Pemakaian ChatGPT di Sekolah” Kota New York jadi salah satu yang pertama memblokir akses ChatGPT.

Jika sebelumnya Pendidik mengira Google, Wikipedia, dan internet itu akan merusak pendidikan, tetapi hasilnya tidak. Nah yang dikhawtirkan adalah pendidik yang mencoba mencegah pengenalan AI seperti ChatGPT.

Pengembangan inovasi teknologi ChatGPT bakal mengalahkan mesin pencari Google karena ChatGPT yang memadukan robot percakapan atau chatbot AI yang sangat canggih dapat menjadi mesin pencari dan menggantikan peran Google.

Apakah ChatGPT selesai berevolusi?

Versi 4 GPT untuk sementara dijadwalkan akan rilis tahun ini, meskipun OpenAI belum mengumumkan tanggal resmi. Beberapa ahli memproyeksikan versi yang lebih berkembang, dengan lebih dari lima kali parameter Versi 3, bisa jauh lebih akurat dan berguna daripada model yang tersedia saat ini

Apa implikasinya bagi ruang kelas?

  • Siswa dapat menggunakan ChatGPT untuk mengerjakan tugasnya.
  • Kembalikan dan pemeriksa plagiarisme lainnya tidak dapat menangkapnya.
  • Sekolah dan distrik akan mencoba memblokirnya, tetapi itu tidak akan berhenti.
  • ChatGPT dan chatbot yang akan datang seperti itu memiliki keterbatasan.
  • Penggunaan ChatGPT, chatbots, dan AI di sekolah/kelas tidak semuanya buruk.
  • Siswa harus belajar bagaimana menavigasi kehidupan dengan AI. 

Bagaimana mengajar kelas setelah mengetahui ada teknologi ini?

  • Tidak ada salahnya menggunakan kertas dan pensil -- untuk saat ini.
  • Manfaatkan pembelajaran dan diskusi kolaboratif.
  • Mintalah siswa membuat demonstrasi pembelajaran yang kreatif.
  • Gunakan latihan pengambilan kembali, brain dumps, dan strategi memori lainnya.

 Terus ingat kutipan dari Yohji Yamamoto ini 

Start copying what you love. Copy copy copy copy. At the end of the copy you will find yourself

"Mulailah menyalin apa yang Anda sukai. Salin salinan salinan salinan. Di akhir salinan Anda akan menemukan diri Anda sendiri." --Yohji Yamamoto

Ini juga merupakan keuntungan dari membaca dengan baik. Ketika siswa melihat cukup contoh yang baik, mereka mulai tahu apa yang diharapkan dari tulisan yang baik. Penalaran yang bagus. Logika yang bagus. Mereka melihat keunggulannya dan mereka dapat menirunya ... seperti seorang penulis atau pelukis meniru yang hebat. 

Kecerdasan buatan dapat memberi siswa contoh yang baik tanpa batas. (Perhatikan bahwa saya tidak mengatakan contoh "hebat", tapi "bagus.") Minta esai tentang topik tertentu. Kemudian tanyakan lagi dan itu akan memberi Anda sesuatu yang berbeda. Kemudian tanyakan lagi. Kemudian mintalah versi yang sedikit berbeda, tentukan sesuatu yang ingin Anda lihat.

Ketika tiba waktunya bagi siswa untuk menciptakan sesuatu sendiri, seperti seorang seniman atau musisi yang sedang mempelajari para ahli, siswa akan mengambil dari contoh yang telah mereka lihat.

Bisakah guru menggunakan Chatgpt sebagai alat untuk mengajar dan belajar?

Berikut adalah beberapa ide yang bias dilakukan

1. Gunakan sebagai sumber informasi bernuansa yang lebih kompleks selain Google.

2. Gunakan untuk memberi siswa akses ke banyak referensi yang bagus.

3. Gunakan untuk menggabungkan pekerjaan siswa.

4. Tanyakan definisinya (dalam berbagai tingkatan).

5. Mintalah umpan balik untuk pekerjaan siswa.

6. Mintalah untuk melakukan beberapa tugas guru untuk Anda.

7. Tambahkan ke rutinitas berpikir "think pair share".

8. Beri nilai chatbot.

9. Perdebatkan bot.

10. Minta saran bot.

11. Gunakan untuk meringkas teks.

12. Gunakan untuk memahami masalah besar yang sulit dipecahkan.

13. Antisipasi respons yang Anda harapkan dari AI.

14. Ambil beberapa tanggapan dan buat produk yang lebih baik.

15. Ciptakan pengalaman belajar yang dipersonalisasi.

16. Memberikan bimbingan atau pembinaan.

17. Buat petunjuk dan pertanyaan untuk memfasilitasi diskusi.

18. Memberikan informasi dan menjawab pertanyaan.

20. Tambahan instruksi tatap muka


Selama masih terbuka untuk umum secara gratis di masa percobaan, semoga My ID dapat mencobanya hari ini. Satu-satunya pertanyaan adalah, apa yang harus ditanyakan? Selain membuat ChatGPT mengerjakan pekerjaan rumah untuk kita, ada banyak hal menarik untuk menggunakannya. 

Berikut 16 favorit yang bisa kita gunakan.

  1. Fakta menyenangkan
  2. Belajar sesuatu yang baru
  3. Jelaskan Bagaimana Sesuatu Bekerja
  4. Bantuan Dengan Pengodean
  5. Menjadi Lebih Baik dalam Menulis
  6. Tulis Pesan
  7. Lakukan Percakapan
  8. Dapatkan Saran Gaya
  9. Jelajahi Ide Resep
  10. Buat Cerita
  11. Menulis puisi
  12. Brainstorm Ide Kreatif
  13. Sarankan Film/Acara TV
  14. Melewati Blok Penulis
  15. Ajukan Pertanyaan Anda ke ChatGPT
  16. Gunakan Ini sebagai Alat Pengajaran

Demikianlah ulasan menggunakan ChatGPT di kelas, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya tentang hal lain yang dapat membantu guru mempelajari tentang ChatGPT?

Gagasan untuk menggunakan ChatGPT di Kelas

Pekerjaan rumah AI

Ya, Guru, Anda Harus Panik Tentang AI

Tidak, ChatGPT Bukan Akhir dari Bahasa Inggris SMA. Tapi Inilah Alat Berguna yang Ditawarkan Guru

Mempelajari Lebih Lanjut tentang Chat GPT dalam Pendidikan

Pendidikan akan berubah secara radikal

Ayo Bincang OpenAI dan ChatGPT


Update : 

Ibu bapak guru yang minat menggunakan whatsapp dengan ChatGPT silahkan kontak 0813-7168-5345 (ChatGPT dengan Whatsapp dan Telegram)