-->

Cara Unduh Subtitle YouTube

Artikel kali ini akab berbagi pada bapak ibu cara download teks subtitle YouTube. Ada beberapa aplikasi gratis yang mungkin untuk menguduh teks sebagai berkas teks (.txt) atau berkas Subrip Subtitle (.srt). ada juga bisa langsung menyalin dan menempelkan transkripsi video secara langsung dari YouTube.

Tanpa panjang kali lebar mari kita mulai metode pertama

Metode pertama Menyalin Transkripsi dari YouTube

  1. Kunjungi video YouTube yang memiliki teks. Akses sample video https://www.youtube.com/watch?v=D3wchotv-sw
    • Ratat rata video YouTube memiliki transkripsi yang dibuat secara otomatis. Namun, transkripsi ini biasanya tidak akurat 100%. untuk sample diatas transkripsi 100% akurat :)
  2. Klik tanda (…) di bawah video. Ikon tiga titik ini berada di pojok kanan bawah jendela pemutaran video. Menu pop-up akan ditampilkan setelahnya.
  3. Klik Open Transcript. Opsi ini merupakan pilihan kedua pada menu pop-up yang muncul saat Anda mengeklik ikon menu di bawah video. Transkripsi video akan dibuka di jendela baru, di sisi kanan video.
  4. Klik ⋮, diikuti Toggle Timestamps (opsional). Jika Anda tidak ingin penanda waktu ditampilkan di samping setiap baris teks pada transkripsi, Anda bisa mengeklik ikon tiga titik di sisi kanan atas jendela transkripsi. Setelah itu, pilih “Toggle Timestamps” untuk menghilangkan penanda waktu.
  5. Buka dokumen teks baru. Gunakan program penyunting teks apa pun untuk membuka dokumen teks kosong baru. Anda bisa menggunakan Notepad, TextEdit, Word, Pages, atau program penyunting teks lainnya.
  6. Tandai dan salin seluruh teks transkripsi. Cara termudah menandai teks adalah memulainya dari bawah dan menyeleksi teks hingga ke atas. Seret bilah slider di sisi kanan kotak transkripsi ke bawah. Klik dan seret kursor dari bawah ke atas untuk menandai semua transkripsi.
  7. Salin dan tempelkan transkripsi. Klik kanan teks yang sudah ditandai pada jendela transkripsi di YouTube. Pilih “Copy”. Setelah itu, klik kanan dokumen teks kosong dan pilih “Paste”.
  8. Simpan transkripsi. Untuk menyimpannya, klik menu “File” dan pilih “Save as” (atau “Save” pada komputer Mac). Tikkan nama berkas pada kolom di samping "Filename" dan klik “Save”.

Metode 2 Menggunakan Pengunduh Takarir

  1. Ulangi langkah pertama Kunjungi video YouTube yang memiliki teks. https://www.youtube.com/watch?v=D3wchotv-sw
  2. Salin URL video. Untuk menyalinnya, klik tombol “Share” di bawah jendela video dan pilih “Copy” di samping URL video pada kolom. Anda juga bisa menandai URL pada bilah alamat di atas jendela peramban, mengeklik kanan URL, dan memilih “Copy”.
  3. Kunjungi https://savesubs.com/ melalui browser web. URL tersebut akan mengarahkan Anda ke aplikasi web yang bisa digunakan untuk mengunduh transkripsi dari video YouTube.
  4. Tempelkan URL video yang teksnya Anda ingin ekstrak. Untuk menempelkan URL, klik kanan kolom berlabel "Enter any URL to extract subtitles" dan pilih “Paste”.
  5. Klik Extract & Download. Tombol ungu ini berada di samping kolom. Berkas teks dari video akan diekstrak.

Demikianlah 2 metode Cara Download Teks / Subtitle YouTube, semoga bermanfaat