Mitra Nagari Menjaring Kemitraan dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja

Mitra Nagari Menjaring Kemitraan dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja

Kata team atau tim yang seharusnya berarti together we achieve more, tetapi pada kenyataannya yang sering terjadi justru sebaliknya. Seperti misalnya dalam dunia bisnis, kita mungkin sudah banyak mengetahui kerjasama antara teman-teman akrab atau bahkan kerabat untuk merintis bisnis tetapi tak berjalan lancar bahkan pada kemungkinan yang paling buruk bisa memicu kandasnya persahabatan. Lalu apa sesungguhnya yang salah, seakan-akan mereka melupakan masa-masa sulit dalam merintis usaha tersebut

Kerjasama yang pada awalnya diharapkan bisa menghasilkan sesuatu yang jauh lebih besar karena dipikirkan oleh banyak kepala dan dikerjakan oleh lebih banyak tangan justru menimbulkan masalah yang dapat mengancam kekompakan dalam persahabatan. Sebagai langkah antisipasi agar bisnis yang tengah Anda rintis bersama rekan-rekan Anda tak mengalami masalah yang sama inilah 3 faktor penyebab gagalnya kerjasama bisnis

MASALAH

1.   Ketidakadilan

2.   Reward dibagi rata

3.   Kehilangan koordinasi

RINCI MASALAH

Timbulnya perasaan dari salah satu pihak bahwa porsi kerjanya lebih banyak dan lebih sulit bila dibandingkan dengan pihak lain berpotensi menjadi pemicu rusaknya kekompakan tim. Pada kenyataannya, idealnya dalam bisnis setiap orang memang berkontribusi sesuai dengan kapasitas dan potensinya masing-masing demi meraih tujuan serta demi kesuksesan usaha yang tengah dirintis. Bila salah satu pihak merasa bahwa bebanya memang lebih berat bila dibandingkan dengan anggota yang lainnya lambat laun hal ini bisa memicu terjadinya permasalahan.

Pada awalnya seluruh anggota tim umumnya bersemangat untuk membangun bisnis bersama, tetapi lama-kelamaan motivasi mereka bisa hilang bila yang bersangkutan terutama yang merasa telah bekerja keras merasa reward yang diperolehnya tetap sama dengan rekannya yang lain yang bermalas-malasan. Inilah yang kemudian menjadi penyebab mundurnya seseorang dari kerjasama bisnis dan merintis usaha secara pribadi sehingga tak perlu membaginya dengan orang lain.

Semakin banyak tangan yang bekerja seharusnya membuat suatu pekerjaan terselesaikan dalam waktu yang lebih cepat serta dengan hasil yang maksimal. Tetapi hal ini juga bisa menjadi boomerang bila terlalu banyak tangan yang bekerja justru menyebabkan hilangnya koordinasi dan menghilangkan fokus atas apa yang dilakukan. Hal ini bisa terjadi karena seluruh anggota tim merasa mempunyai posisi yang setara dan setiap orang pasti merasa idenya yang paling baik dan harus diterapkan untuk menyelesaikan proyek tersebut atau dalam menemukan pemecahan bila terjadi masalah.

TIPS untuk menghindari konflik tersebut diatas dapat dibaca pada artikel selanjutnya..

MANFAAT MITRANAGARI

1. Bisa Terhubung dengan Konsumen

Mayoritas orang zaman sekarang mengandalkan internet untuk berbagai keperluan, praktis nyaris seharian berada di dunia maya. Pebisnis yang melakukan promosi online akan lebih mudah terhubung ke konsumen. Sebab pemasaran dilakukan lewat internet, entah itu dengan sosial media maupun dengan website.

2. Membantu Melacak Perilaku Konsumen

Memutuskan memakai teknik pemasaran digital membuat Anda melacak semua tindakan sampai keputusan dan preferensi dari konsumen. Sehingga pemasaran ini sangat membantu mengenal konsumen lebih dalam, supaya pemasaran yang dilakukan bisa tepat.

3. Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Jika ingin pendapatan bisnis meningkat dengan cepat maka ada baiknya melakukan pemasaran digital. Sebab promosi lebih efektif dan mudah menjangkau konsumen, sehingga potensi omset naik cukup tinggi.

4. Bisnis Lebih Kompetitif

Memasarkan produk dan jasa secara digital akan membantu menjadikan bisnis lebih kompetitif. Sebab fleksibel dan selalu mengikuti perkembangan zaman, sehingga eksistensinya lebih terjamin.

5. Teknik Marketing Lebih Mudah

Dengan mengandalkan pemasaran digital maka proses promosi atau pemasaran lebih mudah, yakni bermain dengan kursor di layar komputer. Sehingga sangat mungkin untuk dilakukan sendiri. Namun bisa pula menggunakan jasa digital marketing agency terpercaya agar semakin praktis.

6. Solusi Menghemat Biaya Promosi

Pemasaran lewat internet juga menjadi solusi atas keterbatasan dana, sebab anggaran bisa diatur. Misalnya saja beriklan dengan Google Ads, maka biaya per klik bisa disesuaikan anggaran. Sehingga lebih terkontrol namun tetap bisa melakukan branding dan menggaet konsumen untuk melakukan pembelian.

7. Teknik Pemasaran Variatif

Berbeda dengan pemasaran konvensional yang tekniknya monoton, seperti memasang poster di jalan maupun membagikan brosur. Pemasaran online lebih variatif karena pilihan media promosinya banyak. Bisa memakai gambar, video, SEO, marketplace, dan lain sebagainya.

8. Hasil Promosi Bisa Dilacak

Lewat pemasaran online Anda dimungkinkan untuk melacak atau menelusuri hasil iklan. Sehingga secepatnya bisa mengecek iklan seperti apa yang efektif dan yang sukses menarik perhatian banyak konsumen.

9. Mempercepat Terjadinya Penjualan

Perlu diakui bahwa pemasaran online efektif untuk mempercepat terjadinya penjualan. Mengapa? Sebab pemasaran ini sifatnya online sehingga ketika konsumen melihat iklan dan tertarik. Maka akan langsung mengambil aksi, mulai dari menghubungi kontak maupun langsung mengisi form pemesanan.

10. Membantu Pengelolaan Bisnis

Jika melakukan pemasaran secara online maka sama artinya dengan mendapat kemudahan mengelola bisnis. Misalnya saja Anda berjualan lewat website, maka bisa update stok sekaligus melayani konsumen dari website tersebut. Sehingga sangat mungkin bisnis dikelola tanpa perlu merekrut banyak karyawan. Bahkan tidak tertutup kemungkinan bisa dikelola sendiri, sehingga menjadi lebih mudah.

 

SEPERTI APA IDUKA  ITU

Semua unit-unit kerja yang membutuhkan tenaga kerja yang dapat dipenuhi oleh penyelenggara Mitra Nagari, diantaranya:

1.   Industri

Pabrik-pabrik besar, menengah dan kecil

2.   Dunia Usaha

Rumah makan/restoran, hotel, pengelola mall, bengkel, toko-toko, perbankan, aplikasi digital dll

3.   Dunia Kerja

Pemerintahan, BUMN, BUMD, BUMDES, yayasan lembaga swadaya masyarakat yang membutuhkan tenaga kerja

 

BAGAIMANA MITRANAGARI  MENJARING MITRA BISNIS

PERSIAPAN AWAL

a.   Bahan paparan/brosur/modul/foto atau video tentang profil Mitra

b.   Menyiapkan produk barang atau jasa untuk dipamerkan kepada IDUKA

c.   Mencoba/latihan paparan secara internal dan meminta masukan rekan/staf atau orang-orang sekitar

d.   Mendata IDUKA  target keIDUKAan yang sesuai dengan jenis keterampilan pada Mitra

e.   Melakukan komunikasi dengan IDUKA

f.     Menyiapkan agenda program penjaringan IDUKA

g.   Menyiapkan draft/rancangan MoU

 

BAGAIMANA MITRANAGARI MENJARING IDUKA

a.    Melakukan kunjungan sosialisasi ke IDUKA ,   bagaimana caranya ?

-         Komunikasi dengan pengelola di salah satu IDUKA  untuk sosialisasi tentang  kapan, dimana, siapa yang hadir dan durasi pertemuan

-         Hadir di IDUKA  dengan kesiapan diri yang meyakinkan, membawa tim, bahan paparan, brosur dan produk

-         Menyapa dengan ramah dan memperkenalkan diri beserta tim kepada semua yang hadir sambil membagikan brosur profil lembaga dan program PKK

-         Menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan

-         Memaparkan profil lembaga dan program PKK serta produk-produknya

-         Meminta masukan peserta dari IDUKA  yang hadir (tanya jawab)

-         Meminta IDUKA  sebagai IDUKA  kerja (dilanjutkan dengan pembahasan MoU)

-         Meminta pimpinan IDUKA  untuk memberi kesan dan pesan

-         Acara selesai diakhiri dengan  meminta izin foto bersama  dan memberi kartu nama

b.   Pameran

-         Susunan Panitia

-         Persiapkan Lokasi

-         Undang IDUKA , Pejabat dan Masyarakat

-         Susunan Acara sbb:

1)  Pembukaan

2)  Perkenalan hadirin yang penting

3)  Demo Unjuk kerja peserta

4)  Sambutan dan kesan dari IDUKA yang hadir (dapat meminta kesan pesan melalui tulisan di kertas atau kanvas)

5)  Testimoni lulusan yang sudah bekerja

6)  Hiburan, ramah tamah dan foto bersama

7)  Pemberian cindera mata bagi hadirin dan kartu nama

c.   Mengikuti pameran atau job fair

-         sda

d.   Menggunakan media sosial dan media massa

-         Membuat media promosi sendiri; web, youtube, instagram, facebook, google business, twitter, whatsapp group dan tiktok

-         Sering posting kegiatan lembaga dan program PKK ke media sosial

-         Memasang iklan dalam media elektronik (radio, televisi, iklan elektronik)

-         Memasang spanduk tentang lembaga dan program PKK

-         Mempromosikan lembaga dan program PKK di beberapa media cetak

e.   Memanfaatkan pemimpin pemerintahan, pemuka masyarakat dan masyarakat sebagai media Kemitraan dengan IDUKA

-         Mediator

-         Bantuan

f.     Memanfaatkan lulusan sebagai media kemitraanan dengan IDUKA

-         Mediator

-

MEMELIHARA KEMITRAAN

-         Komunikasi, update, produk, menghadiri undangan, promosi, pembelajaran

EVALUASI

Tips menghindari konflik Mitra Bisnis.

1.   Komunikasi

Menjalin komunikasi yang terbuka sangat penting untuk dilakukan baik antar anggota tim atau antara anggota dan leader. Demi kesuksesan bisnis serta meraih tujuan tak ada pihak yang paling penting atau kurang penting karena semua orang adalah komponen dengan peran masing-masing.

2.   Menjaga kekompakan

Sangat penting untuk menjaga energi dan pikiran positif tanpa saling menyalahkan. Kritik bisa dilakukan dengan cara yang baik agar yang bersangkutan tak merasa disudutkan. Untuk menghindarkan konflik jangan pernah meremehkan kapasitas pihak lain. Sebaiknya antar anggota tim saling mendukung dan membantu agar tercipta atmosfir yang baik dalam tim tersebut.

Membangun bisnis dengan kerjasama sesungguhnya bisa menjadi ide yang baik untuk meraih kesuksesan bersama. Selain itu beban yang berat akan menjadi ringan bila dipikul bersama seperti contohnya Mitra Nagari untuk pengembangan bisnis bersama tersebut. seandainya bisnis yang dirintis mengalami kerugian, pihak yang membantu untuk mengatasi hal tersebut juga akan lebih banyak daripada bila hanya ditanggung satu orang saja.

Dalam tim mana saja akan selalu timbul konflik karena pemikiran yang berbeda antara satu orang dan yang lainnya. Untuk menyelesaikan persoalan ini tentu dibutuhkan kompromi dengan pikiran yang terbuka. Bila semua pihak bisa menemukan win-win solution maka konflik akan dapat terselesaikan tanpa ada anggota tim yang merasa dirugikan. Sikap mental yang harus terus dijaga adalah pikiran positif, keikhlasan, serta kebesaran hati yang bisa menampung seluruh kepentingan semua pihak. Nah, semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang atau berniat merintis bisnis bersama kawan-kawan karib atau kerabat.

Deteksi dari browser jika aplikasi diinstal di Android

Deteksi dari browser jika aplikasi diinstal di Android

Sedang mencari cara untuk mengetahui apakah aplikasi tertentu diinstal dari browser web sisi klien dengan platformnya adalah Android.Kasus:

Misalnya kamu menulis situs web sendiri dan ingin membuat aplikasinya, sekarang kamu ingin ketika pengguna datang ke situs tersebut dari Browser ponsel Android. Browser melihat jika aplikasi sudah terinstal di ponsel dan jika belum, maka disarankan untuk menginstal aplikasi.

Berikut penjelasan nya

Cara pertama:

Penulis menemukan solusi yang lebih berguna. Di bawah ini adalah file konfigurasi android:

<activity android:name="me.test.html.MainActivity" >

    <intent-filter>

        <action android:name="android.intent.action.VIEW" />


        <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" />

        <category android:name="android.intent.category.DEFAULT" />

        <category android:name="android.intent.category.BROWSABLE" />


        <data

            android:host="xxxxx"

            android:scheme="mm" />

    </intent-filter>

</activity>

Below is the html code:


<html>  

<head>  

<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">  

<title>Insert title here</title>  

<script type="text/javascript">

function test2(){

    var di = document.getElementById("di");

    di.innerHTML = "app have not installed";

}

function newOpen(){//184 064 323 438

    var di = document.getElementById("di");

    di.innerHTML = "app have installed";

    var ifc = document.getElementById("ifc");

    ifc.innerHTML = "<iframe src='mm://xxxxx?a=b&c=d' onload='test2()'></iframe>";

    return false;

}

</script>

</head>  

<body>  

 <a href="#" onclick="return newOpen()">local3</a><br/> 

<div id="di"></div> 

 <div style="display:none;" id="ifc"></div>

</body>  

</html>

Dengan cara ini, saat pengguna mengklik tag, dan jika perangkat telah menginstal aplikasi, maka dialog tidak akan ditampilkan untuk memungkinkan pengguna memilih, tetapi membuka aplikasi secara langsung; dan jika aplikasi belum diinstal, maka fungsi js "test2" akan dipanggil, oleh karena itu diketahui bahwa aplikasi tersebut belum diinstal, jadi dapat melakukan apa saja di "test2"! 

Manfaatnya adalah kita tidak perlu menggunakan skema html standar, yang akan menampilkan dialog pilih, dan jika saya menggunakan skema yang ditentukan sendiri, halaman tidak akan diarahkan ke halaman yang salah! 

Cara Kedua:

Kamu dapat menggunakan Intents Android. kamu bisa membuat anchor untuk meluncurkan aplikasi. Jika aplikasi tidak diinstal, browser akan mencari nama paket yang ditentukan di anchor. bisa jua memberikan URL kembali.

contoh:

<a href="intent://scan/#Intent;scheme=zxing package=com.google.zxing.client.android;end"> Take a QR code </a>

Cara kedua Ini tidak didukung oleh semua browser. Chrome dan beberapa browser utama lainnya penulis coba bisa. Lihat tautan INI untuk cek detail lebih lanjut.

Semoga bisa dipraktekan, dan jika ada kendala silahkan komentar untuk pencerahannya


1 bulan panduan menggunakan Akun Belajar.id

1 bulan panduan menggunakan Akun Belajar.id


Minggu 1
Belajar dari Mana Saja Tanpa Batas



1. Aktivasi Akun Belajar.id


Aktivasi Akun Belajar.id


2. Memindahkan Data ke Akun Belajar.id
tps://i2.wp.com/www.sman2lengayang.sch.id/wp-content/uploads/2020/12/2.png?resize=610%2C288&ssl=1">


3. Mengelola file anda di akun belajar.id




4. Memulihkan Password Akun


5. Mengganti Bahasa


6. Bekerja Secara Offline



Minggu 2
1. Membuat Kelas






2. Membuat Dokumen




3. Membuat Presentasi







Minggu 3
Berinteraksi dengan Siswa


1. Mengirim Email di Akun Belajar.id




2. Membuat Google Group




3. Mengirimkan Chat




4. Melakukan Video Call






Minggu 4
Membuat Penilaian Siswa


1. Membuat Form & Kuis




2. Membuat Spreadsheet




Langkah Penting Selanjutnya untuk Guru dan Peserta Didik

Bergabung di komunitas bit.ly/grupbelajarid
Menjelajahi aplikasi Chromebook di bit.ly/aplikasichromeindonesia
Mengambil ujian sertifikasi di bit.ly/sertifikasigoogleedu


Demikianlah panduan 4 Minggu belajar dimana saja dengan belajar.id, semoga bermanfaat bagi kita semua




Info lebih detil bisa cek di webinar belajar.id
Review belajar.id pertanyaan yang sering diajukan

Review belajar.id pertanyaan yang sering diajukan


Selamat Tahun Baru 2021
Awal tahun ini kita coba menulis sedikit tentang belajar.id
Sudah kenalkan dengan Akun Pembelajaran, jika belum, mari kita berkenalan 
Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.
Terus, mengapa kita harus menggunakan Akun Pembelajaran? yuk disimak
  1. Materi dan informasi dari Kemendikbud, akan dikirimkan ke alamat pos elektronik Akun Pembelajaran
  2. Akun Pembelajaran akan menjadi salah satu jalur komunikasi resmi Kemendikbud ke peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan
  3. Akun Pembelajaran akan digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi resmi Kemendikbud
  4. Akun Pembelajaran yang sudah siap pakai dan sesuai struktur satuan pendidikan masing-masing pengguna
dari laman resminya cuma 4 itu yang ditulis, mungkin saja masih ada tujuan lain mengapa kita menggunakan nya, berikut jadi review saya sedikit dari Pertanyaan yang sering ditanyakan point pertama adalah "Mengapa Akun Pembelajaran menggunakan domain @belajar.id?"

diwebsite belajar.id menjawab "@belajar.id merupakan nama domain yang dipilih Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas dasar kemudahan diingat oleh pengguna Akun Pembelajaran serta kesesuaian dengan esensi dari pendidikan itu sendiri"

saya kutip ".. dipilih Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas dasar kemudahan diingat oleh pengguna .."

Saat ini 136 Ribu Akun Sudah Aktif di Laman Belajar.id di Indonesia sumber : https://republika.co.id/berita/qlhpya463/136-ribu-akun-sudah-aktif-di-laman-belajar-id; akses 17 des 2020

Mari kita baca sejenak data berikut

Domain Information belajar.id diakses lookup.icann.org

Registry Domain ID: PANDI-DO516686

Nameservers:

ns-cloud-b1.googledomains.com

ns-cloud-b2.googledomains.com

ns-cloud-b3.googledomains.com

ns-cloud-b4.googledomains.com

Dates

Registry Expiration: 2021-10-27 23:59:59 UTC

Created: 2016-10-27 00:51:15 UTC

Registrar Information

Name: PT Qwords Company International


Dan

Domain Information kemdikbud.go.id

Domain Information

Name: kemdikbud.go.id

Registry Domain ID: PANDI-DO197901

Domain Status: active

Nameservers:

ns1.kemdikbud.go.id

ns2.kemdikbud.go.id

ns3.kemdikbud.go.id

Dates

Registry Expiration: 2021-12-28 23:59:59 UTC

Created: 2011-12-28 13:35:14 UTC

Registrar Information

Name: Kementerian Komunikasi dan Informatika


Setelah cek and ricek beberapa minggu ini menggunakan Admin Google, dan mencoba mengaplikasikan ke beberapa gadget

Alhasil :

1. Gadget : bisa wipe account, delete device, dan terakhir view audit info

2. Infomrasi : bisa lihat device ID, Type Android, Management, Ownership

dll

silahkan cek gambar berikut




Dari hasil diatas, mungkin tidak perlu diterangkan untuk apa saja fungsinya, mungkin ada saran atau pendapat, silahkan komentar ya

Terimakasih and sukses selalu

Cara Aktivasi Akun Pembelajaran Google Email dan Aplikasi Pembelajaran yang Dapat Diakses

Cara Aktivasi Akun Pembelajaran Google Email dan Aplikasi Pembelajaran yang Dapat Diakses

 Akun Pembelajaran


Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.


Mengapa Memakai Akun Pembelajaran?

  • Materi dan informasi dari Kemendikbud, akan dikirimkan ke alamat pos elektronik Akun Pembelajaran
  • Akun Pembelajaran akan menjadi salah satu jalur komunikasi resmi Kemendikbud ke peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan
  • Akun Pembelajaran akan digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi resmi Kemendikbud
  • Akun Pembelajaran yang sudah siap pakai dan sesuai struktur satuan pendidikan masing-masing pengguna


Contoh Aplikasi Pembelajaran yang Dapat Diakses dengan Akun Pembelajaran
quizizz
Salamender Soft
PBS learning media
Knovation learning
Flat for Edu
Quipper
Rumah Belajar
Google Classroom
Google Hangout
Google Slides
Google Sheet
Google Drive
Google Doc
Zoom
Zenius
Khan Academy
Bahaso
Pahamify
Pintaria
Udemy
Coursera

Cara Mengakses Aplikasi Pembelajaran dengan Akun belajar.id

  1. Buka laman login Aplikasi Pembelajaran yang ingin Anda gunakan
  2. Pilih opsi sign in dengan Google di laman login tersebut
  3. Masukkan akun belajar.id dan kata sandi Anda
  4. Aplikasi Pembelajaran sudah siap digunakan
    Link Unduhan
    Persesjen No. 18 Tahun 2020
    Paparan Akun Pembelajaran
    Surat Edaran