Mitra Nagari Menjaring Kemitraan dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja -->

Mitra Nagari Menjaring Kemitraan dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja

20 March 2021, March 20, 2021

Kata team atau tim yang seharusnya berarti together we achieve more, tetapi pada kenyataannya yang sering terjadi justru sebaliknya. Seperti misalnya dalam dunia bisnis, kita mungkin sudah banyak mengetahui kerjasama antara teman-teman akrab atau bahkan kerabat untuk merintis bisnis tetapi tak berjalan lancar bahkan pada kemungkinan yang paling buruk bisa memicu kandasnya persahabatan. Lalu apa sesungguhnya yang salah, seakan-akan mereka melupakan masa-masa sulit dalam merintis usaha tersebut

Kerjasama yang pada awalnya diharapkan bisa menghasilkan sesuatu yang jauh lebih besar karena dipikirkan oleh banyak kepala dan dikerjakan oleh lebih banyak tangan justru menimbulkan masalah yang dapat mengancam kekompakan dalam persahabatan. Sebagai langkah antisipasi agar bisnis yang tengah Anda rintis bersama rekan-rekan Anda tak mengalami masalah yang sama inilah 3 faktor penyebab gagalnya kerjasama bisnis

MASALAH

1.   Ketidakadilan

2.   Reward dibagi rata

3.   Kehilangan koordinasi

RINCI MASALAH

Timbulnya perasaan dari salah satu pihak bahwa porsi kerjanya lebih banyak dan lebih sulit bila dibandingkan dengan pihak lain berpotensi menjadi pemicu rusaknya kekompakan tim. Pada kenyataannya, idealnya dalam bisnis setiap orang memang berkontribusi sesuai dengan kapasitas dan potensinya masing-masing demi meraih tujuan serta demi kesuksesan usaha yang tengah dirintis. Bila salah satu pihak merasa bahwa bebanya memang lebih berat bila dibandingkan dengan anggota yang lainnya lambat laun hal ini bisa memicu terjadinya permasalahan.

Pada awalnya seluruh anggota tim umumnya bersemangat untuk membangun bisnis bersama, tetapi lama-kelamaan motivasi mereka bisa hilang bila yang bersangkutan terutama yang merasa telah bekerja keras merasa reward yang diperolehnya tetap sama dengan rekannya yang lain yang bermalas-malasan. Inilah yang kemudian menjadi penyebab mundurnya seseorang dari kerjasama bisnis dan merintis usaha secara pribadi sehingga tak perlu membaginya dengan orang lain.

Semakin banyak tangan yang bekerja seharusnya membuat suatu pekerjaan terselesaikan dalam waktu yang lebih cepat serta dengan hasil yang maksimal. Tetapi hal ini juga bisa menjadi boomerang bila terlalu banyak tangan yang bekerja justru menyebabkan hilangnya koordinasi dan menghilangkan fokus atas apa yang dilakukan. Hal ini bisa terjadi karena seluruh anggota tim merasa mempunyai posisi yang setara dan setiap orang pasti merasa idenya yang paling baik dan harus diterapkan untuk menyelesaikan proyek tersebut atau dalam menemukan pemecahan bila terjadi masalah.

TIPS untuk menghindari konflik tersebut diatas dapat dibaca pada artikel selanjutnya..

MANFAAT MITRANAGARI

1. Bisa Terhubung dengan Konsumen

Mayoritas orang zaman sekarang mengandalkan internet untuk berbagai keperluan, praktis nyaris seharian berada di dunia maya. Pebisnis yang melakukan promosi online akan lebih mudah terhubung ke konsumen. Sebab pemasaran dilakukan lewat internet, entah itu dengan sosial media maupun dengan website.

2. Membantu Melacak Perilaku Konsumen

Memutuskan memakai teknik pemasaran digital membuat Anda melacak semua tindakan sampai keputusan dan preferensi dari konsumen. Sehingga pemasaran ini sangat membantu mengenal konsumen lebih dalam, supaya pemasaran yang dilakukan bisa tepat.

3. Meningkatkan Pendapatan Bisnis

Jika ingin pendapatan bisnis meningkat dengan cepat maka ada baiknya melakukan pemasaran digital. Sebab promosi lebih efektif dan mudah menjangkau konsumen, sehingga potensi omset naik cukup tinggi.

4. Bisnis Lebih Kompetitif

Memasarkan produk dan jasa secara digital akan membantu menjadikan bisnis lebih kompetitif. Sebab fleksibel dan selalu mengikuti perkembangan zaman, sehingga eksistensinya lebih terjamin.

5. Teknik Marketing Lebih Mudah

Dengan mengandalkan pemasaran digital maka proses promosi atau pemasaran lebih mudah, yakni bermain dengan kursor di layar komputer. Sehingga sangat mungkin untuk dilakukan sendiri. Namun bisa pula menggunakan jasa digital marketing agency terpercaya agar semakin praktis.

6. Solusi Menghemat Biaya Promosi

Pemasaran lewat internet juga menjadi solusi atas keterbatasan dana, sebab anggaran bisa diatur. Misalnya saja beriklan dengan Google Ads, maka biaya per klik bisa disesuaikan anggaran. Sehingga lebih terkontrol namun tetap bisa melakukan branding dan menggaet konsumen untuk melakukan pembelian.

7. Teknik Pemasaran Variatif

Berbeda dengan pemasaran konvensional yang tekniknya monoton, seperti memasang poster di jalan maupun membagikan brosur. Pemasaran online lebih variatif karena pilihan media promosinya banyak. Bisa memakai gambar, video, SEO, marketplace, dan lain sebagainya.

8. Hasil Promosi Bisa Dilacak

Lewat pemasaran online Anda dimungkinkan untuk melacak atau menelusuri hasil iklan. Sehingga secepatnya bisa mengecek iklan seperti apa yang efektif dan yang sukses menarik perhatian banyak konsumen.

9. Mempercepat Terjadinya Penjualan

Perlu diakui bahwa pemasaran online efektif untuk mempercepat terjadinya penjualan. Mengapa? Sebab pemasaran ini sifatnya online sehingga ketika konsumen melihat iklan dan tertarik. Maka akan langsung mengambil aksi, mulai dari menghubungi kontak maupun langsung mengisi form pemesanan.

10. Membantu Pengelolaan Bisnis

Jika melakukan pemasaran secara online maka sama artinya dengan mendapat kemudahan mengelola bisnis. Misalnya saja Anda berjualan lewat website, maka bisa update stok sekaligus melayani konsumen dari website tersebut. Sehingga sangat mungkin bisnis dikelola tanpa perlu merekrut banyak karyawan. Bahkan tidak tertutup kemungkinan bisa dikelola sendiri, sehingga menjadi lebih mudah.

 

SEPERTI APA IDUKA  ITU

Semua unit-unit kerja yang membutuhkan tenaga kerja yang dapat dipenuhi oleh penyelenggara Mitra Nagari, diantaranya:

1.   Industri

Pabrik-pabrik besar, menengah dan kecil

2.   Dunia Usaha

Rumah makan/restoran, hotel, pengelola mall, bengkel, toko-toko, perbankan, aplikasi digital dll

3.   Dunia Kerja

Pemerintahan, BUMN, BUMD, BUMDES, yayasan lembaga swadaya masyarakat yang membutuhkan tenaga kerja

 

BAGAIMANA MITRANAGARI  MENJARING MITRA BISNIS

PERSIAPAN AWAL

a.   Bahan paparan/brosur/modul/foto atau video tentang profil Mitra

b.   Menyiapkan produk barang atau jasa untuk dipamerkan kepada IDUKA

c.   Mencoba/latihan paparan secara internal dan meminta masukan rekan/staf atau orang-orang sekitar

d.   Mendata IDUKA  target keIDUKAan yang sesuai dengan jenis keterampilan pada Mitra

e.   Melakukan komunikasi dengan IDUKA

f.     Menyiapkan agenda program penjaringan IDUKA

g.   Menyiapkan draft/rancangan MoU

 

BAGAIMANA MITRANAGARI MENJARING IDUKA

a.    Melakukan kunjungan sosialisasi ke IDUKA ,   bagaimana caranya ?

-         Komunikasi dengan pengelola di salah satu IDUKA  untuk sosialisasi tentang  kapan, dimana, siapa yang hadir dan durasi pertemuan

-         Hadir di IDUKA  dengan kesiapan diri yang meyakinkan, membawa tim, bahan paparan, brosur dan produk

-         Menyapa dengan ramah dan memperkenalkan diri beserta tim kepada semua yang hadir sambil membagikan brosur profil lembaga dan program PKK

-         Menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan

-         Memaparkan profil lembaga dan program PKK serta produk-produknya

-         Meminta masukan peserta dari IDUKA  yang hadir (tanya jawab)

-         Meminta IDUKA  sebagai IDUKA  kerja (dilanjutkan dengan pembahasan MoU)

-         Meminta pimpinan IDUKA  untuk memberi kesan dan pesan

-         Acara selesai diakhiri dengan  meminta izin foto bersama  dan memberi kartu nama

b.   Pameran

-         Susunan Panitia

-         Persiapkan Lokasi

-         Undang IDUKA , Pejabat dan Masyarakat

-         Susunan Acara sbb:

1)  Pembukaan

2)  Perkenalan hadirin yang penting

3)  Demo Unjuk kerja peserta

4)  Sambutan dan kesan dari IDUKA yang hadir (dapat meminta kesan pesan melalui tulisan di kertas atau kanvas)

5)  Testimoni lulusan yang sudah bekerja

6)  Hiburan, ramah tamah dan foto bersama

7)  Pemberian cindera mata bagi hadirin dan kartu nama

c.   Mengikuti pameran atau job fair

-         sda

d.   Menggunakan media sosial dan media massa

-         Membuat media promosi sendiri; web, youtube, instagram, facebook, google business, twitter, whatsapp group dan tiktok

-         Sering posting kegiatan lembaga dan program PKK ke media sosial

-         Memasang iklan dalam media elektronik (radio, televisi, iklan elektronik)

-         Memasang spanduk tentang lembaga dan program PKK

-         Mempromosikan lembaga dan program PKK di beberapa media cetak

e.   Memanfaatkan pemimpin pemerintahan, pemuka masyarakat dan masyarakat sebagai media Kemitraan dengan IDUKA

-         Mediator

-         Bantuan

f.     Memanfaatkan lulusan sebagai media kemitraanan dengan IDUKA

-         Mediator

-

MEMELIHARA KEMITRAAN

-         Komunikasi, update, produk, menghadiri undangan, promosi, pembelajaran

EVALUASI

Tips menghindari konflik Mitra Bisnis.

1.   Komunikasi

Menjalin komunikasi yang terbuka sangat penting untuk dilakukan baik antar anggota tim atau antara anggota dan leader. Demi kesuksesan bisnis serta meraih tujuan tak ada pihak yang paling penting atau kurang penting karena semua orang adalah komponen dengan peran masing-masing.

2.   Menjaga kekompakan

Sangat penting untuk menjaga energi dan pikiran positif tanpa saling menyalahkan. Kritik bisa dilakukan dengan cara yang baik agar yang bersangkutan tak merasa disudutkan. Untuk menghindarkan konflik jangan pernah meremehkan kapasitas pihak lain. Sebaiknya antar anggota tim saling mendukung dan membantu agar tercipta atmosfir yang baik dalam tim tersebut.

Membangun bisnis dengan kerjasama sesungguhnya bisa menjadi ide yang baik untuk meraih kesuksesan bersama. Selain itu beban yang berat akan menjadi ringan bila dipikul bersama seperti contohnya Mitra Nagari untuk pengembangan bisnis bersama tersebut. seandainya bisnis yang dirintis mengalami kerugian, pihak yang membantu untuk mengatasi hal tersebut juga akan lebih banyak daripada bila hanya ditanggung satu orang saja.

Dalam tim mana saja akan selalu timbul konflik karena pemikiran yang berbeda antara satu orang dan yang lainnya. Untuk menyelesaikan persoalan ini tentu dibutuhkan kompromi dengan pikiran yang terbuka. Bila semua pihak bisa menemukan win-win solution maka konflik akan dapat terselesaikan tanpa ada anggota tim yang merasa dirugikan. Sikap mental yang harus terus dijaga adalah pikiran positif, keikhlasan, serta kebesaran hati yang bisa menampung seluruh kepentingan semua pihak. Nah, semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang atau berniat merintis bisnis bersama kawan-kawan karib atau kerabat.

TerPopuler