10 Cara Membuat Video Tutorial Lebih Profesional

10 Cara Membuat Video Tutorial Lebih Profesional - Hallo sahabat My Studio, Advertising, Entertainment, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Cara Membuat Video Tutorial Lebih Profesional, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Media Pembelajaran, Artikel Profesional, Artikel Tutorial, Artikel Video, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Cara Membuat Video Tutorial Lebih Profesional
link : 10 Cara Membuat Video Tutorial Lebih Profesional

Baca juga


10 Cara Membuat Video Tutorial Lebih Profesional

Video Tutorial
Membuat Video Tutorial adalah cara Profesional dalam pembelajaran, karena penggguna bisa mengikuti langkah satu per satu saat mengikuti apa yang disampaikan oleh Pengajar. Dan tentunya sangat mudah untuk membuatnya jika anda mau mengikuti prosedur sederhana setelah ini.

Berikut Alat-Alat yang harus dipersiapkan
1. Mikrofon

Boleh berfikir menggunakan microfon built in laptop atau PC anda, tapi lebih baiknya gunakan kualitas mikrofon yang lebih bagus, misalnya USB Microphone. Anda tak perlu susah mendapatkannya karena saat ini sudah banyak yang jual seperti Blue Microphones Yeti. Microfon yang bagus dilengkapi dengan filter pop yang mampu mengurangi vocal popping dan sibilance.

2. Gunakan aplikasi atau software perekam layar

Gunakan software yang membantu merekam aktivitas di layar PC anda. Tidak perlu bingung memilih software apa yang cocok karena memang banyak sekali. Saya menyarankan menggunakan Camtasia jika anda menggunakan Sistem Operasi Windows. Software ini tidak hanya merekam aktivitas di layar monitor namun kita juga bisa mempercantik mengeditnya dengan banyak fitur yang tersedia.

3. Menulis Rencana

Dengan rencana yang tertulis membuat kita sebagai tutor yang profesional, selalu fokus pada materi dan jelas alurnya. Jangan sampai rekaman video tutorialnya membingungkan. Kedua, dengan menuliskan rencana terlebih dahulu mampu membuat kita memikirkan detail penjelasan dan tips yang bisa ditambahkan sehingga membuat hasilnya menjadi lengkap,berharga, dan juga Lebih Profesional

4. Pilih Materi Menarik

Setelah Perangkat untuk membuat video tutorial tersedia seperti PC dan software plus Mikrofon, selanjutnya waktunya untuk berfikir apa yang akan anda sampaikan dalam video tutorial. Sebagai contoh, katakanlah anda ingin menjelaskan tentang fungsi trigonometri dalam pelajaran matematika. jangan memilih persamaan yang membosankan, pilihlah contoh persamaan trigonometri mulai dari tingkat kesulitan yang lebih mudah ke tingkat yang lebih tinggi sehingga memunculkan tantangan buat pemirsa yang melihat tutorial. Video Tutorial anda akan mudah terkenal jika hasilnya cantik sehingga banyak yang melihatnya dan menyukai skill anda sebagai tutor.

5. Berlatih Sebelum merekam

Saran ini mengikuti dari yang sebelumnya. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama proses perekaman video tutorial, berlatihlah sebelum merekam. Bisa saja terjadi saat merekam tiba tiba muncul jendela Yahoo Messanger yang membuat kita bingung dan konsentrasi terpecah. Aturan yang sama juga diterapkan untuk materi tutorialnya, anda harus benar-benar menguasai setiap detail teknik yang anda tunjukkan. jadi, berlatihlah dan catatlah, hal itu akan mempersiapkan mental selama merekam.


6. Sampaikan tujuan dan tampilkan hasilnya

Dalam menciptakan tutorial baik tertulis atau yang berbasis video, alangkah baiknya menunjukkan hasil akhir tutorial dan menjelaskan tujuan tutorial dalam permulaan. Hal ini akan membuat pemirsa mengerti apa yang anda bicarakan, dan menjadikan mereka bersemangat untuk mengikuti tutorial. Lakukan juga saat berada pada sesi akhir tutorial (kesimpulan). Tunjukkan bahwa tujuan tutorial yang anda katakan pada awal tadi telah tercapai.

7. Menjelaskan kemungkinan Kesalahfahaman

Seperti halnya kita saat belajar sesuatu dari video tutorial terlebih lagi yang disampaikan bukan dari bahasa Kita, kita kadang salah faham memahami apa yang disampaikan oleh tutor. Ada kalanya nanti para pemirsa yang menyaksikan video tutorial buatan kita melakukan hal yang sama seperti kita, mereka mencoba memahami video tutorial kita sampai mengerti. Akan lebih baik jika kita awali tutorial kita dengan beberapa pertanyaan. Sekali lagi, permak video tutorial sebagus mungkin, dan jadilah tutor yang Profesional buat para pemirsa.

8. Jadi Diri Sendiri

Para pemirsa tidak akan mengikuti video anda sampai selesei jika anda menyampaikan dengan suara yang monoton. Namun,mereka akan mengingat anda dengan mudah jika ditambahkan style karakter anda dalam video.

Anda tidak perlu menjadi pelawak. Style Karakter anda mungkin datang dalam bentuk info tambahan berharga bagi para pemirsa tidak mengharapkan sebelumnya, ciptakaan karya seni video tutorial yang unik yang berbeda, atau menyampaikan materi dengan santai, alami. Jadilah diri anda sendiri, dan tak lama lagi anda akan menerima banyak pemirsa yang setia

9. Post-Production

Jangan ragu untuk menambahkan efek, subtitle, informasi tambahan, zoom, shortcut dsb.. Tambahkan apapun yang bisa membuat video tutorial tampilannya lebih mudah dan menyenangkan.

10. Simpan / Upload

Simpan hasil video dalam format yang bagus juga. Silahkan upload di youtube, vimeo, atau platform lainnya, mereka menawarkan resolusi tinggi. Hal ini menguntungkan karena memberikan para pemirsa pengalaman belajar yang lebih baik.


Demikianlah Artikel 10 Cara Membuat Video Tutorial Lebih Profesional

Sekianlah artikel 10 Cara Membuat Video Tutorial Lebih Profesional kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 10 Cara Membuat Video Tutorial Lebih Profesional dengan alamat link http://www.masri.id/2014/03/membuat-video-tutorial-ebih-profesional.html

About The Writer

My Studio

Studio Advertising Entertainment.

Related Posts

Post a Comment