Kelebihan Live Transcribe -->

Kelebihan Live Transcribe

14 October 2021, October 14, 2021
Diberdayakan oleh Google Cloud, Live Transcribe mampu menerjemahkan percakapan secara real-time, mendukung lebih dari 70 bahasa dan lebih dari 80 persen populasi dunia,” tulis pengumuman Google

Live Transcribe memiliki fitur transkripsi suara ke teks, sama dengan input teks berbasis suara. jika ada suara kalimat, kata kata diucapkan, kata-kata tersebut diubah menjadi sebuah teks yang akan tampil di smartphone kita

Live Transcribe muncul dari ide dan pengalaman pribadi Product Manager Google AI Research Group bernama Sagar Savla. Ayah dan neneknya mengalami gangguan pada indera pendengaran, untuk membantu kelancaran komunikasi mereka, Sagar akhirnya merancang aplikasi tersebut. Untuk diketahui, sepertiga orang usia 65 hingga 74 tahun, seperti umur nenek Sagar, kebanyakan mulai mendapat masalah pada indera pendengarannya.

Sagar Savla mulai menggarap rancangan Live Transcribe menggunakan data delapan juta video Youtube untuk mendeteksi perbedaan suara. Kecerdasan buatan milik Google itu bisa mengenali sekitar 527 jenis suara. Jika ia mendengar dua kata homofon, maka aplikasi tersebut akan menempatkan ‘konteks’ pada tampilan teksnya.

Kelebihan dan Kekurangan
Live Transcribe bisa dibilang cukup efisien dengan hanya satu layar besar penampil teks dan layar tambahan yang bisa dipakai untuk mengetik teks. Di ujung kanan terdapat lingkaran kecil berwarna biru yang berfungsi sebagai perekam. Live Transcribe dirancang untuk menghalau suara berisik dan memilah suara utama yang akan diterjemahkan ke dalam teks. 
Fiturnya lebih canggih dibanding aplikasi sejenis seperti speech to text yang hanya bisa menerjemahkan suara di tempat kondusif. 
Suara-suara pengganggu seperti suara burung, suara anjing, suara tangis bayi, dll. tak akan diterjemahkan ke moda teks dan tak bakal mengganggu proses transkripsi suara. 
Pada sisi kiri bawah layar Google menyematkan ikon setting untuk pengaturan mode gelap, ukuran teks, bahasa, dan getaran. Moda gelap diciptakan guna menghemat baterai pada saat aplikasi dijalankan.

Tentunya aplikasi ini akan sangat berguna bagi mereka yang kesulitan mendengar, karena mereka akan memperoleh gambaran kalimat yang diucapkan lawan bicaranya.

Aplikasi Live Transcribe saat ini telah tersedia di Google Play Store. Namun aplikasi ini masih dalam tahap early access dan sepertinya masih dalam pengembangan lebih lanjut yang mengharapkan feedback dari penggunanya.

Silahkan Unduh Aplikasinya di playstore

Demikianlah artikel tentang Live Transcribe, semoga bisa bermanfaat, salam
Sample video dari Video Converence



TerPopuler