-->

Menambah STB Useetv Bebas Biaya


Pada dasarnya bugs Cracking IndiHome: Menambah STB UseeTV bebas biaya tanpa berlangganan bulanan ini saya sudah ketahui sejak lama tetapi tidak saya buka secara public dan saya pribadi pun sebelum ini juga tidak menggunakannya, karena selain perangkat televisi dirumah hanya ada satu buah saja, dikarena kami bukan tipikal keluarga yang addicted dengan televisi. 
Akan tetapi karena kecurangan yang dilakukan telemarketing IndiHome baru-baru ini kepada saya, dalam hal ini UseeTV yang dengan secara kurangajar mengaktifkan Add On (subscribe) pada beberapa channel tertentu TANPA ijin kepada saya, maka dengan senang hati saya membuka trik dari bugs ini secara terbuka, paling tidak Telkom dalam hal ini Indihome merasakan bagaimana dikurangajarin secara sepihak. 

Bagaimana kurangajarnya telemarketing Indihome kepada saya? Dan bagaimana saya bisa tahu bahwa telemarketing Telkom melakukan kecurangan ini?

Okay, kita tahu, bahwa untuk menambah Add On (subscribe) pada channel UseeTV harus memasukkan password dan konfirmasi OTP melalui SMS ke nomor HandPhone pemilik (ditambah handPhone saya berikan dual password untuk menggunakannya, yaitu tapping dan scan sidik jari), JIKA hal ini dilakukan oleh pelanggan. Apalagi JIKA Anda mengaktifkan Parental Control pada STB maka hal ini tidak mungkin dari sisi pelanggan secara tidak sengaja, hanya Superuser yang bisa melakukan skipping (melewati) tahapan tanpa konfirmasi OTP tanpa konfirmasi Parental Control.

Dan saya mengetahui hal ini ketika akan membayar tagihan Indihome dan saya menemui tagihan yg membesar tidak seperti bulan-bulan sebelumnya padahal isolir (keterlambatan) sudah dibayar, justru tagihan malah lebih besar dibanding ketika masa isolir sebelumnya dikarenakan isolir akan mengenakan denda sebesar 5% dari total tagihan.


Kronologi Bugs
*Note:
Yang wajib diketahui pertama-kali sebelum kita setup adalah, yakinkan paket Telkom Indihome HARUS bundling dengan TV cable (USeeTV).

Jadi kalau langganan internet Indihome kita 2P1 (Dual Play) antara internet dan telepon saja maka bugs ini TIDAK BISA digunakan.

Bugs ini bisa digunakan pada paket apa saja? 
• Paket 3P (Triple Play) Internet + Telephone + UseeTV 
• Paket 2P2 (Dual Play) Internet + UseeTV 
• Paket 3P Gamers (Triple Play Gamers) Internet + Telephone + UseeTV 
• Paket 2P2 Gamers (Dual Play Gamers) Internet + UseeTV 

Secara default, untuk menambah fitur STB (Set Top Box) UseeTV IndiHome pelanggan akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 80,000 per STB per bulan. Mahal yak?! Misal dalam satu rumah Anda ada 4 kamar saja dan masing-masing kamar ingin dipasang TV USeeTV, jadi paling tidak akan keluar biaya tambahan Rp. 80,000 x 4 per bulan.

Kita punya kos-kosan? nah fitur ini sangat bermanfaat buat menambah betah anak kos buat tinggal dan ngontrak di kosan kita . Tiap kamar akan memiliki fitur TV cable dan channel bisa di kontrol oleh mereka sendiri. Mangtabs bener.



Apa aja yang dibutuhkan?! 
• Wajib: STB (Set Top Box) Indihome untuk tambahan secukupnya tergantung kebutuhan kita mau menambah berapa STB lagi? satu? dua? lima? sepuluh? BISA!
Dimana beli STB Indihome? Tokopedia, Bukalapak, OLX, Kaskus banyak, ada yang bekas malah ada banyak yang masih baru, plastikan. Diutamakan STB Indihome yang kita beli BUKAN versi rooting atau sudah dioprek, lebih worthied JIKA memang bekas dari pelanggan yang sudah tidak dipakai lagi kemudian dijual. 
• Optional: Wifi Repeater dan atau modem bekas yang support untuk repeater.
Jika menggunakan repeater, usahakan antara repeater terkoneksi kabel RJ45 ke modem utama. Dikarenakan jika menggunakan WIFI bridging akan mengurangi performa wifi bahkan suka lag atau lemot. 

Sebagaimana kita ketahui, semua setting modem internet Indihome yang memiliki paket TV cable (UseeTV) menggunakan LAN 4 pada modem dengan setting default Router (bukan bridge/bridging) penghubung antara modem dan STB (Set Top Box) TV cable.

Login pada modem melalui browser, gunakan SUPERUSER login dan password BUKAN user admin dan password local.
User: Support
Password: theworldinyourhand

atau:

User: telecomadmin
Password: admintelecom

Kemudian kita masuk pada bagian LAN (Local Area Network)
LAN » LAN Port Work Mode
tambahkan centang pada setting Port LAN 4



Kemudian simpan (APPLY)

LAN 4 --> AP IP Statis --- (wifi) ---> STB IP statis (Static)

Lalu kita beralih ke setup perangkat STB-nya,
Diawali pada konfigurasi IP pada STB utama dahulu (bukan STB tambahan).
Konfigurasi IP samakan dengan ketika setting pake LAN
Pada STB setting IP adalah manual statis (Static), bukan DHCP (DHCP mengenerated IP dinamis mengikuti kekosongan slot terdekat), bedakan digit terakhir (buntut/ekor) IP aja... Gateway dan DNS tetap sama. 
Misalkan IP STB utama: 192.168.100.102
maka STB selanjutnya (lainnya) adalah 192.168.100.103
*Saya sengaja menggunakan IP dengan ekor yang besar guna menghindari konflik JIKA ada device lain seperti handphone, laptop dll yg masuk ke Wifi dikarenakan auto connect modem secara default menerapkan konsep DHCP (Static IP). Selain itu untuk juga untuk mempermudah management IP.

Jadi dari modem ke AP menggunakan mode Bridge

LAN 4 - AP ---- Repeater - STB
Jika kita menggunakan Wifi repeater untuk penguat sinyal, terutama untuk kos-kosan, koneksikan Wifi repeater (modem router repeater) pada LAN 3 modem. Settingan repeater tidak mengalami perubahan apapun hanya diperlukan utk mengkoneksikan antara STB ke AP menggunakan Wifi.

Seperti yang saya bilang diatas, bahwa koneksi untuk tambahan STB ini TIDAK menggunakan jaringan LAN 4 seperti standard setting IndiHome, tapi menggunakan Wifi untuk STB-STB tambahan selain STB utama yang sudah terkoneksi pada LAN 4 sebelumnya.