-->

APRESIASI PTK PAUDNI 2016

PTK PAUDNI 2016
APRESIASI PTK PAUDNI 2016
Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk memberikan penghargaan bagi PTK PAUDNI yang berasal dari berbagai daerah melalui berbagai apresiasi sekaligus membangun semangat kebersamaan, persahabatan, persatuan dan kesatuan.

Lembaga terkait lainya adalah lembaga atau organisasi masyarakat yang bergerak di bidang pemberdayaan PTK PAUDNI .

Kegiatan apresiasi adalah kegiatan untuk menunjukan hasil karya yang berkaitan dengan tugas PTK PAUDNI dihadapan Tim Penilai yang akan menentukan urutan atau rangkaian dari seluruh karya yang diapresiasikan.

Karya Nyata adalah karya yang menggambarkan dan berasal hasil pengalaman langsung (best practice) individu atau kelompok. Dalam bidang peningkatan layanan pembelajaran PTK PAUDNI bagi masyarakat yang bersifal Inovatif dan memiliki kekhasan atau keunggulan tertentu sehingga mendorong untuk mengadopsi dan menerapkan di lembaga.

Karya Nyata tidak menggunakan kutipan dan daftar rujukan atau daftar pustaka sebagaimana yang lajim digunakan dalam penulisan karya ilmiah.

HASIL YANG DIHARAPKAN
  1. Meningkatnya Motivasi Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi dalam meningkatkan mutu pelaksaan tugasnya .
  2. Terbentuk pola pemberian Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi .
  3. Meningkatkan mutu pembinaan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi melalui pengembangan kreativitas dan invoasi melalui olahraga dan paduan suara
  4. Adanya aktualitas keberadaan dan peran Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi dalam melaksanakan aktivitas dalam mencerdaskan kehidupan bangsa
  5. Terjalinnya komunikasi yang konstuktif dan mendidik antara Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi yang berasal dari bagian pelosok di Provinsi Jawa Barat
  6. Terpilihnya para PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016 peringkat pertama untuk 16 jenis lomba yang akan diikuti ke Tingkat Nasional pada tanggal 22 s/d 28 Mei Tahun 2016 di Kota Palu Provinsi Sumatra Tengah
PERSYARATAN PESERTA
  1. Memiliki pengalaman /masa kerja minimal 2 (dua) tahun pada Lembaga/Unit Kerja, dan masih aktif dengan Surat Keterangan masih aktif dari Pimpinan Lembaga/Unit Kerja dimana yang bersangkutan bekerja. 
  2. Peserta Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional merupakan peringkat pertama pada Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Provinsi. Peserta Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Provinsi merupakan peringkat pertama pada Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Kabupaten/Kota merupakan PTK PAUDNI yang ada di bawah binaan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. 
  3. Apabila peserta peringkat pertama pada tingkat provinsi/kabupaten/kota berhalangan hadir mengikuti Apresiasi Tingkat Nasional/Provinsi, dapat diganti oleh peringkat kedua menyampaikan surat rekomendasi dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota dan surat menyatakan pengunduran diri dari yang bersangkutan. 
  4. Belum pernah menjadi peringkat Pertama Tingkat Provinsi / Nasional pada Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tahun lalu atau 2 (dua) tahun sebelumnya, dengan dibuktikan melalui Surat Keterangan dari Pimpinan Satuan Pendidikan/Lembaga atau Unit Kerja yang bersangkutan. 
  5. Surat Keterangan Dokter (asli) yang menerangkan dalam keadaan sehat jasmani dan tidak dalam keadaan hamil. 
  6. Menyerahkan biodata peserta Format terlampir. 
  7. Menyerahkan pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar berwarna. 
  8. Rekomendasi Pimpinan Unit Kerja yang berwenang atas keaslian karya yang diapresiasikan.
  9. Menyampaikan dokumen/ naskah karya nyata (hardcopy) sebanyak 4 (empat) eksemplar dan softcopy dalam bentuk CD sebanyak 1 (satu) buah. 
  10. Membawa media dan alat peraga/perlengkapan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi sesuai dengan jenis dan kebutuhan. 
  11. Peserta Apresiasi PTK PAUDNI Prestasi untuk Kepala SKB, Pamong Belajar, Penilik harus berkualifikasi minimal S1/D-IV, peserta selain Kepala SKB, Penilik, dan Pamong Belajar minimal berkualifikasi SLTA (Sekolah Lanjuta Tingkat Atas). 
  12. Usia pererta Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi tahun 2016 prioritas di bawah 50 tahun TMT pelaksanaan lomba.
  13. Peserta di wajibkan untuk membawa Laptop, Flesdis dan Hardcopy materi pada saat persentasi.
  14. Melampirkan Fotocopy Piagam kejuaraan dari Tingkat Kabupatrn/ Kota.

KETENTUAN KARYA NYATA
  1. Karya Nyata berisi tulisan pengalaman konkrit 
  2. Naskah ditulis dengan batas margin atas berjarak 4 sentimeter dan margin bawah dan kanan berjarak 3 sentimeter 
  3. Naskah harus karya asli peserta Lomba Karya Nyata, bukan jiplakan, belum pernah diikutkan/dipublikasikan dalam forum/kegiatan apapun 
  4. Naskah harus diketik di atas kertas ukuran A4 dengan spasi 1.5 dan menggunakan font 12 Times New Romans 
  5. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar 
  6. Panjang naskah minimal 30 halaman dan maksimal 50 halaman termasuk lampiran. 
  7. Melampirkan Lembar pengesahan Naskah Karya Nyata (formulir terlampir) 
Apresiasi PTK PAUDNI berprestasi ini dilaksanakan melalui lomba perorangan yaitu lomba karya nyata (LKN) yang melibatkan 12 jenis PTK PAUDNI dengan mengembangkan konsep kegiatan yang mengandung unsure edukasi, kompetisi dan rekreasi.