-->

7 Macam Manfaat Blog Bagi Guru

Selamat Datang My ID


Manfaat Blog

Menulis, terutama dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, membuat guru mudah mengikuti kemajuan zaman. Selain itu, penguasaan di sektor teknologi, informatika, dan komputer (TIK) turut berimbas pada pola pengajaran.

Selain itu, guru yang rajin menulis, kian memberikan motivasi serupa bagi peserta didik untuk mengikuti. murid yang rajin menulis, dengan perlahan mengalami peningkatkan di bidang akademis.

Berikut 7 Manfaat Blog Bagi Guru

1 Meningkatkan Kemampuan menulis

Banyak orang yang berpendapat, malas untuk nge-blog itu karena tidak pandai menulis. Hal ini merupakan cara berpikir yang salah. Jika Anda juga berpikir demikian coba untuk berpikir terbalik. Dengan Nge-blog dapat melatih kita untuk pandai menulis, bukan pandai menulis baru ingin nge-blog. Jadikanlah blog ini tempat kita belajar untuk menulis.

Mungkin Kita mengenal Raditya Dika, seorang Stand Up Comedian yang terkenal dengan film dan bukunya best seller. Beliau memulai itu semua dari hobinya nge-blog pada tahun 2000 melalui blog kambing jantan dot com , yang akhirnya isi blog itu ditulis dalam bentuk buku yang laku terjual hingga menjadi best seller. Tidak sampai di situ saja, buku ini kemudian dijadikan film dengan judul yang sama juga laris ditonton. Kemudian Raditya Dika menulis buku-buku lainnya sampai terkenal seperti saat ini.

Memang contoh diatas bukan dari dunia pendidikan. Untuk dari dunia pendidikan kita mengenal Pak Wijaya Kusumah (yang dikenal dengan panggilan Om Jay). Beliau juga seorang yang sukses dengan menulis di blog, bahkan beliau memiliki lebih dari lima blog pribadi. Beliau sudah mendapatkan penghargaan tingkat nasional di dunia blog.

Apakah mereka langsung menjadi penulis hebat? tentu tidak. tidak percaya silakan kunjungi blog mereka masing-masing baca tulisan/postingan pertamanya. Anda dapat menyimpulkan sendiri.

Intinya nge-blog itu dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam menulis. Mari kita terus nge-blog dan terus belajar untuk menulis.


2 Meningkatkan Minat Baca, sehingga Meningkatkan Pengetahuan

Menulis merupakan satu paket dengan membaca. Seorang penulis yang hebat, atau seorang blogger yang hebat tentunya mereka yang hebat dalam membaca. Tulisan-tulisan yang keren nan kece yang menggugah tentu lahir dari tangan-tangan orang yang hebat dalam membaca.

Nah... dengan nge-blog tentunya seseorang akan menulis sesuatu yang bermanfaat yang ada didalam pikirannya untuk dibagikan ke orang lain. Pemikiran-pemikiran yang hebat didapatkan dari pembelajaran dan membaca. Jadi tentu dengan nge-blog melatih seseorang untuk terus belajar dan membaca. Sehingga menambahkan pengetahuannya.


3 Dapat Menjadi Inspirasi atau kontribusi nyata

Tidak sedikit blogger yang menjadi Inspirasi bagi orang lain untuk bertindak dan mengikuti jejak para blogger hebat ini. Dan tidak sedikit pula para guru yang nge-blog dapat memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan di Indonesia. Sebagai contoh Pak Wijaya Kusumah dan Pak Anang dua orang ini tidak asing lagi pagi para guru yang suka nge-blog. Semoga nanti Inan Kito juga tercatat sebagai guru yang berkontibusi di dunia pendidikan Indonesia. Aamiin hehe

4 Dapat Menambah Teman dan Relasi

Dengan nge-blog tentunya akan menambah teman dan relasi. Karena dengan bge-blog banyak cerita dan saling sapa antar blogger atau pengunjung blog Anda. Kalian pasti setuju dengan banyaknya teman dan relasi yang baik akan menambahkan rizki dan umur yang panjang.


Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
“Barangsiapa yang ingin rizqinya diperluas dan umurnya ditambah, maka hendaklah ia menyambung silaturahmi.” Sumber : Radiorodja


5 Meningkatkan Daya Ingat

Nge-blog tentunya tidak lepas dengan kegiatan menulis, menulis merupakan kegiatan yang menuangkan ide pikiran dalam bentuk tulisan. Menurut sebuah penelitian seseorang yang menggunakan otaknya untuk berpikir dengan nyaman seperti menulis dan main catur dapat meningkatkan daya ingatnya dan mencegah kepikunan di masa Lanjut usia.

Makanya mari nge-blog biar tidak cepat pikun ya. hehe

6 Menjadi Orang terkenal

Menjadi orang yang terkenal sebenarnya tidak baik juga untuk seorang blogger. Jadi fokus saja menjadi seorang blogger yang senang berbagi. Jikapun nanti menjadi orang yang terkenal, anggap saja itu merupakan hadiah bukan tujuan dari kita nge-blog.

Mengapa seorang blogger bisa menjadi orang yang terkenal, karena jika seorang blogger menulis sesuatu yang orisinil, fress, baru dan bermanfaat tentunya banyak masyarakat yang suka untuk berkunjung ke blognya. Jika blognya banyak pengunjung tentu saja akan mengundang penasaran seseorang, siapa penulis hebat di blog tersebut. Yang pada akhirnya dia akan mejadi referensi dan akan terkenal.

7 Dapat Menambah Sumber Penghasilan

Ini sebenarnya sudah menjadi rahasia umum, banyak seorang blogger atau guru yang nge-blog dapat menikmati penghasilannya melalui blog tersebut. biasanya sudah banyak blog-blog yang mengikuti program pengiklanan baik itu iklan lokal maupun iklan internasional. Ini mungkin saya belum bisa menjelaskan detail bagaimana menghasilkan uang dari nge-blog.

Insyaallah saya akan mempostingkan terpisah bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Jadi Ikuti terus up date tulisan Inan Kito dengan mengikuti di facebook, twitter, google plus atau ikuti melalui email.

Sumber Inan Kito