-->

Virus Komputer Tahun 2016


Tahukah anda virus komputer terbaru namanya apa? Jika pertanyaan itu dialamatkan kesaya maka akan saya jawab tidak tahu!!

Dalam 3 bulan terakhir ini sangat sedikit informasi maupun konsultasi menyangkut serangan virus komputer, terakhir setelah saya menulis tentang virus vycrypt dan kido atau recycler seakan-akan tidak ada lagi virus yang mengancam.

di ranah daratan pun demikian, biasanya apabila ada virus baru yang menyebar pasti asisten dosen Laboratorium Komputer Wearnes Education Center Madiun akan mulai sibuk melakukan kegiatan “cloning”. “Ah, siapa tahu mereka saja yang tidak tahu”, pikir saya. Tapi setelah dilakukan pengecekan langsung komputer di laboratorium, terbukti juga tidak ditemukan virus atau worm di sistem operasi.

Menarik untuk disimak, berarti kemunculan software antivirus-antivirus baru seperti PCMAV, INFO KOMPUTER ANTI VIRUS, SMADAV, CLAM AV. Benar-benar bisa menghambat penyebaran virus. peyebaran virus yang dulu banyak melalui Flash Disk, sekarang hampir tidak mungkin terjadi karena oleh Smadav atau PCMAV RTP file autorun.inf yang menjadi sumber masalah berhasil dilumpuhkan.

Belum lagi dukungan vendor-vendor antivirus besar yang mulai berkantor di Indonesia seperti Kapersky dan Norman Anti Virus semakin membuat pembuat virus-virus lokal tidak berkutik.

Bukan hanya karena software anti virus bervariasi, saya yakin terhentinya penyebaran virus secara besar-besaran juga diakibatkan bertambahnya kesadaran pengguna komputer akan bahaya laten virus komputer. Sehingga tidak jarang jika anda memasukkan Flash Disk ke komputer teman pasti anda akan mendapat peringatan “ Jangan Lupa Scan terlebih Dahulu”, bahkan istilah “Update” tidak berlaku hanya bagi Facebook namun juga “Update Anti Virus”.

Namun apakah dengan demikian kita bisa bersantai? Tentu tidak, justru kewaspadaan harus tetap di tingkatkan seperti: 
  1. Tetap melakukan Update Terbaru database virus di AntiVirus yang anda gunakan 
  2. Tetap aktifkan Firewall 
  3. Hati-Hati dengan file-file yang memiliki nama menyeramkan seperti “VideoHot”,”VideoLunaMandi”, “sexSma.jpeg”, dst . Jangan sampai dijalankan 
  4. Jauhi penggunaan software keygen lebih baik langsung serial saja 
Ok, cukup disini dulu tetap waspada dan jangan sampai lengah.