-->

Cara mengatasi Port USB yang tidak berfungsi

Kemarin, ada masalah baru, yaitu Port USB laptop temen ane tidak berfungsi. Saya udah otak atik ke device manager tapi belum bisa berfungsi juga. Ternyata masalahnya ada pada BIOS. Tapi sebenarnya yang menyebabkan Port USB tidak berfungsi itu, bukan hanya masalah BIOS saja. Bisa karena USB tidak terdeteksi pada Device Manager, kesalahan pengaturan pada Windows, atau bahkan mungkin karena memang Port-nya yang rusak.

Dan hal yang paling penting sebelum memulai semuanya, kamu harus memeriksa Apakah Perangkat yang kamu tancap di Port USB bekerja dengan baik?

Untuk memeriksanya kamu sebaiknya menancapkan Perangkat (misalnya: Mose, Keyboard, Printer, Flashdisk dan yang lainnya)  tersebut ke Port USB lain yang ada pada komputer/laptopmu. Jika tetap tidak bisa maka kamu coba tancapkan Perangkat tadi ke Komputer/Laptop lain. Jika tetap tidak bisa, itu artinya perangkatmu yang rusak. Jika bisa, maka Port USB dari komputer/laptopmu lah yang rusak.

Nah jika kamu sudah yakin bahwa Port USB dari Komputer/Laptopmu lah yang tidak berfungsi, maka inilah hal - hal yang dapat kamu lakukan
  • Restart Komputer
    Cobalah pakai cara lama, yaitu restart komputer. Jika belum bisa coba lihat cara selanjutnya dibawah.
  • BIOS
    Masuk ke BIOS (Baca juga: Cara Masuk BIOS). Masuk ke Power Management, lalu pilih "Enable" pada USB Port. Jika tidak bisa juga, next ke langkah selanjutnya yang dibawah ini.
  • Periksa Device Manager
    Buka Device Manager (Baca juga: Cara Membuka Device Manager). Klik kanan pada tulisan "Universal Serial Bus Controller", lalu klik "Sacn for Hardware Change". Jika belum bisa juga, jangan diclose dulu Device Manager nya, lalu kita lihat ke langkah selanjutnya.
  • Uninstall Driver
    Klik tanda "+" yang berada dikanan tulisan "Universal Serial Bus Controller". Lihat apakah ada tanda "Seru berwarna Kuning" jika ada, klik kanan dan uninstall semua tanda yang berwarna kuning tersebut, lalu restart komputer. Komputer akan mencoba kembali mendekteksi hardware. Jika tidak bisa lihat langkah selanjutnya deh.
  • Pengaturan Regedit
    Masuk ke Regedit (Baca juga: Cara Membuka Regedit). Masuk ke sini "HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/service/USB", jika tidak ada USB diregistrykey, silahkan dibuat saja. Klik Edit, lalu Klik New, buat namanya USB. Lalu klik kanan pada USB yang tadi kalian buat, lalu klik New, pilih "DWORD (32-bit)", lalu beri nama "DisableSelectiveSuspend". Klik kanan lagi pada file tersebut, lalu klik modify, dan beri angka 1 pada value data. Jika tidak bisa lihat langkah selanjutnya aja.
  • Pakai DRPSU
    Pertama-tama anda harus memdownload DRPSU (Download disini: Driver Pack Solution), saya sarankan untuk mendownload yang DRPSU 14. Setelah anda mempunyai DRPSU, jalankan, dan DRPSU akan otomatis mendeteksi driver yang tidak terbaca, lalu anda hanya perlu klik install, maka driver akan terinstall otomatis.
Biasanya ini terjadi karena driver "PCI Simple Communication Controller" atau "SM Bus Controller" atau "Unknown Device" lainnya yang bermasalah
    Jika tidak bisa juga mungkin memang benar Port USB-mu rusak, lebih baik ganti Motherboard jika Port USB kamu rusak. Sekian, jika ada pertanyaan silahkan ajukan pada kolom komentar dibawah. Terima kasih