-->

MEMPERSIAPKAN UK-TIK

BAGAIMANA MEMPERSIAPKAN UK-TIK CLCP PERDANA?


Kemandirian dengan kesungguhan membaca – mempelajari – memahami – melaksanakan – dan mengikuti secara utuh dan lengkap Pedoman Operasional Baku (POB) UK-TIK adalah kunci Pengelolaan TUK-TIK yang benar – tepat dalam mewujudkan pelayanan prima dan professional.
Kami belum pengalaman melaksanakan Uji Kompetensi, belum diberikan Bimbingan Teknis dan kami merasa gugup atau khawatir gagal?
Pelaksanaan UK-TIK pada hakekatnya sama seperti pengalaman LKP Anda melaksanakan Ujian Lokal. Namun ada 2 hal yang membedakan dalam Pelaksanaan UK-TIK ini dan perlu dipertegas
yaitu:
Mengikuti secara mutlak (utuh dan lengkap) Pedoman Operasional Baku (POB) UK-TIK secara konsisten dan apa adanya;
Menjaga kejujuran, tidak ada tindak kecurangan (membiarkan peserta menyontek, peserta diganti orang lain – ‘joki’, mengcopy hasil pekerjaan dll) merupakan kunci Pelaksanaan UK-TIK;
Justru dengan UK-TIK CLCP Perdana ini merupakan Bimbingan Teknis sebagai kesiapan TUK-TIK melayani masyarat sesuai Nota Komitmen dan Rencana Aksi yang sudah disampaikan ke LSK-TIK. Diharapkan dengan pengalaman nyata ini maka seluruh personil di TUK-TIK dan LKP pembentuk memiliki kepercayaan diri untuk menyakinkan dan melayani pihak lain karena sudah mengalami sendiri sebelumnya.

TEKNIS PERSIAPAN UK-TIK CLCP PERDANA
1. Pastikan TUK-TIK telah memiliki 4 instrumen penting dari LSK-TIK yaitu:
a. e-MODUL CLCP
Sebagai pegangan bagi calon Peserta UK-TIK tentang bahan dan materi yang akan diujikan yang terdiri dari:
Kisi-Kisi Materi Uji Kompetensi CLCP,
Pedoman Penilaian, dan
Contoh Soal UK-TIK.
b. POB UK-TIK
sebagai pegangan bagi Pengurus TUK-TIK tentang ketentuan teknis dan peraturan dalam pelaksanaan UK-TIK yang terdiri dari:
POB PELAKSANAAN UK-TIK
POB TATA TERTIB UK-TIK
POB PENGAWAS UK-PRAKTIK
POB KIRIM HASIL UK-PRAKTIK
CHECK-LIST POB KIRIM HASIL UK-PRAKTIK
BERITA ACARA UK-PRAKTIK
SURAT PERNYATAAN PENGAWAS UK-PRAKTIK
DAFTAR ABSENSI UK-TIK PRAKTIK
FORMULIR PENDAFTARAN UK-TIK
c. File PENDAFTARAN UKTIK CLCP PERDANA.xlsx
sebagai pegangan Ketua dan Admin TUK-TIK untuk melakukan pendaftaran permintaan UK-TIK ke LSK-TIK yang merupakan file terpadu yang berisi antara lain:
Petunjuk Pengisian Pendaftaran UK-TIK CLCP
Check-List Kelengkapan File Pendaftaran UK-TIK CLCP
Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Tahun 2012
Formulir Permintaan UK-TIK CLCP & Jadwal Perencanaan UK-TIK CLCP
Perhitungan Alokasi Biaya Uji Kompetensi CLCP
Rekapitulasi Data Peserta UK-TIK
Surat Pernyataan Pengawas Uji Kompetensi CLCP
d. Program SISKOMTIK
Sebagai program komputerisasi untuk pelaksanaan UK-TIK yang wajib diinstalasi oleh Teknisi TUK-TIK terhadap komputer admin, komputer server dan komputer client sesuai Data Tehnis Spesifikasi Komputer yang diajukan ke LSK-TIK.
Modul Administrasi UK-TIK, yaitu: pendaftaran peserta, penjadwalan UK-TIK, pencetakan Kartu Peserta UK-TIK, pencetakan Daftar Absensi UK-TIK, pencetakan
Berita Acara UK-TIK
Modul Penilaian Mandiri (Self Assesment)
Modul UK-Teori
Modul UK-Praktik
Dokumentasi LSK-TIK
2. Persiapkan calon Peserta UK-TIK CLCP Perdana sebanyak 10 orang peserta CLCP, yang diusulkan diikuti oleh Pengurus TUK-TIK, Instruktur & Staf LKP atau Peserta Didik. Pelajarilah dengan seksama e-Modul CLCP sebelumnya.
3. Lakukan Pendaftaran Permintaan UK-TIK CLCP Perdana dengan mengisi lengkap dan benar file PENDAFTARAN UKTIK CLCP PERDANA.xlsx lalu e-mail ke [email protected] paling lambat 10 hari kerja sebelum jadwal pelaksanaan UK-TIK yang ditetapkan bagi TUK-TIK di pulau Jawa atau 12 hari kerja bagi TUK-TIK di luar pulau Jawa.
4. Lakukan Transfer Biaya Uji Kompetensi sesuai jumlah alokasi bagian LSK-TIK yang tertera di file PENDAFTARAN UKTIK CLCP PERDANA.xlsx ke rekening LSK-TIK.
5. Laksanakan Persiapan pada H-3 dan Cek-Ulang Persiapan pada H-1 untuk memastikan semua aspek telah sesuai dengan POB UK-TIK.
6. Laksanakan Uji Kompetensi CLCP Perdana sesuai POB UK-TIK dengan penuh komitmen dan konsistensi menjunjung tinggi kejujuran, kenetralan, dan tanggungjawab penuh kemandirian melaksanakan UK-TIK.
7. Segera kirim Hasil Pekerjaan Peserta UK-TIK setiap sesi ujian via email ke [email protected] lambat 1 jam setelah sesi ujian dinyatakan selesai.
8. Lakukan back-up seluruh Hasil Pekerjaan Peserta UK-TIK apa adanya ke dalam media penyimpanan CD/DVD ROM dan simpanlah baik-baik dalam kondisi tersegel.
9. Segeralah mengumumkan ke Peserta UK-TIK tentang Hasil Penetapan Kelulusan UK-TIK, yang akan diemail oleh LSK-TIK paling lambat 14 hari kerja setelah jadwal terakhir UK-TIK.
10. Segeralah melakukan penempelan pas-foto Peserta UK-TIK berikut stiker hologramnya kepada Peserta UK-TIK yang berhak menerima Sertifikat Kompetensi yang akan dikirim oleh LSK-TIK paling lambat 14 hari kerja setelah Pengumuman Hasil Penetapan Kelulusan UK-TIK.
11. Lakukan Sosialisasi dan Rencanakan kembali UK-TIK sebagai pengendalian mutu lulusan taraf nasional yang dilakukan secara objektif, tranparan dan professional.
Bagi sebuah lembaga kursus yang baru merintis TUK-TIK Mempersiapkan Uji Kompetensi TIK CLCP Perdana sangatlah penting. Untuk itu, ada baiknya mempelajari persiapan Administrasi ini. Artikel ini diambil dari LSK TIK.