-->

Beberapa Jenis Karangan Ilmiah

imagesBerdasarkan fungsinya, karangan ilmiah dapat dibedakan menjadi berikut, yaitu:

1. Paper

Terdapat dua istilah paper:

  • Term Paper adalah segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku (book report) maupun sebagai hasil karangan tentang suatu pokok persoalan. Biasanya paper ini ditugaskan oleh dosen menjelang akhir kuliah semester atau akhir tahun kuliah.
  • Working Paper adalah prasaran atau kertas kerja seorang pemrasaran yang turut membahas suatu pokok persoalan. Jumlah halaman 5 – 15.

2. Skripsi

Adalah karya tulis di tingkat Sarjana Muda, yang umumnya didasarkan atas penyelidikan bahan-bahan bacaan atau observasi lapangan. Biasanya dijadikan sebagai syarat untuk ujian sarjana muda. Jumlah halaman 30-50.

3. Thesis

Adalah karya tertulis yang sifatnya lebih mendalam, yang umumnya didasarkan atas suatu penyelidikan yang dilakukan dengan seksama menurut metodologi research dibawah bimbingan seorang atau lebih dosen sponsor yang bertanggung jawab dalam bidang itu. Biasanya dijadikan sebagai syarat untuk ujian sarjana. Jumlah halaman 150-200.

4. Disertasi

Disertasi dipergunakan sebagai istilah untuk karangan ilmiah dalam mencapai gelar tertinggi di sebuah Perguruan Tinggi yaitu gelar Doctor. Untuk disertasi ada ketentuan-ketentuan khusus, yang berhubungan dengan prosedur ilmiah dan bentuk disertasi. Jumlah halaman 300 atau lebih.