-->

Teori dan Pertanyaan Penelitian

image Teori adalah rangkaian pengorganisasian prinsip-prinsip yang membantu peneliti menggambarkan dan memprediksi kegiatan. Bila non - ilmuwan menggunakan teori kata, mereka membuat klaim tentang pengetahuan yang mereka miliki terhadap suatu fenomena tertentu. Non - teori ilmiah biasanya terdiri dari pernyataan atau seperangkat pernyataan yang menjelaskan sesuatu, menjelaskan mengapa sesuatu terjadi, dan / atau memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Sebuah teori ilmiah memiliki tambahan fitur yang memungkinkan hipotesis dapat diuji untuk dihasilkan dari teori. Sebuah teori ilmiah harus memiliki cukup kekhususan dan kejelasan bagi teori yang akan diuji.


Perhatikan contoh. Salah satu teori di bidang psikologi sosial adalah teori disonansi kognitif, yang menyatakan bahwa ketika kita merasakan ketegangan antara apa yang kita meyakini dan apa yang kita lakukan, kita akan membenarkan tindakan kita atau mengubah keyakinan kita untuk membuat sikap dan keyakinan yang konsisten (Festinger, 1957, Myers, 2008). Perhatikan contoh. Salah satu teori di bidang psikologi sosial adalah teori disonansi kognitif, yang menyatakan bahwa ketika kita merasakan ketegangan antara apa yang kita meyakini dan apa yang kita lakukan, kita akan membenarkan tindakan kita atau mengubah keyakinan kita untuk membuat sikap dan keyakinan yang konsisten (Festinger, 1957, Myers, 2008). Dari teori ini, peneliti dapat membuat prediksi tentang apa yang orang akan lakukan ketika dihadapkan dengan konflik antara apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka yakini. Teori mendapatkan dukungan jika eksperimen, survei, atau teknik lainnya (dibahas dalam buku ini) memberikan bukti bahwa teori tersebut akurat. Dengan demikian, teori dalam sains akan bertahan jika bukti mendukungnya. Kelangsungan hidup teori tidak didasarkan pada kontes popularitas. Sebaliknya, jika bukti penelitian kolektif mendukung teori, teori akan bertahan. Jika bukti tidak mendukung teori, teori memudar dari dialog ilmiah kolektif (atau mungkin akan diubah).


Mahasiswa umumnya bertanya, "Dari mana teori berasal? "Kadang-kadang teori datang dari membaca literatur yang ada di wilayah yang diminati (seperti yang dibahas sebelumnya). kadang-kadang teori berasal dari gerak hati dan pengamatan kita. Mungkin Anda adalah seorang pekerja sosial dengan beban klien penuh remaja hamil. Anda perhatikan bahwa wanita-wanita muda yang kerjanya lebih baik berbeda dari mereka yang kerja keras, dan Anda mulai percaya bahwa mereka bekerja lebih baik adalah hasil dari dukungan sosial dari keluarga. Dengan intuisi ini, Anda dapat mulai mengembangkan teori bahwa dukungan sosial berpengaruh positif terhadap remaja yang hamil.


Teori yang berkaitan erat dengan pertanyaan penelitian, yang merupakan pernyataan jelas bersambung tentang topik yang menarik. Sejumlah pertanyaan penelitian berasal dari teori. sebagian datang dari pengamatan. Beberapa berasal dari intuisi. Dalam hal kekhususan, pertanyaan penelitian terletak di tengah-tengah antara teori, yang sangat luas, dan hipotesis, yang sangat tepat. Mengajukan pertanyaan penelitian berfungsi untuk mempersempit fokus Anda pada topik yang menarik. Sebagai contoh, Anda mungkin tertarik dalam hubungan antara pandangan dan sikap politik terhadap perbedaan kelamin. Teori Anda mungkin bahwa pandangan politik menginformasikan sikap yang didasarkan pada perbedaan jenis kelamin (atau mungkin sebaliknya). Pertanyaan penelitian, pada gilirannya, mungkin: "Apakah ada perbedaan antara orang-orang dengan pandangan politik sosial konservatif dan orang-orang dengan pandangan politik fiskal (uang - terkait) konservatif berkaitan dengan sikap terhadap perbedaan jenis kelamin?" Pertanyaan penelitian membawa Anda selangkah lebih dekat untuk menguji teori Anda. Dari penelitian pertanyaanini , Anda dapat membangun sebuah hipotesis untuk diuji.