-->

Memahami Penelitian

TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Memahami teori, hipotesis, dan dari mana pertanyaan penelitian berasal.
  • Memahami perbedaan mendasar penelitian kualitatif vs kuantitatif, dasar vs terapan, dan tradisional vs tindakan.
  • Memahami unsur dan pentingnya proposal penelitian.
  • Memahami unsur dan pentingnya etika penelitian.
  • Mendapatkan pengenalan dasar istilah dan pengoperasian SPSS.

Sebagian mahasiswa tidak menyukai penelitian. Mereka yang mengejar gelar dalam ilmu sosial seperti psikologi, komunikasi, sosiologi, antropologi, atau pendidikan melakukannya dengan penuh semangat dalam memahami kondisi manusia, dan seringkali memiliki keinginan untuk melayani umat manusia. Bagi sebagian dari mahasiswa yang bersemangat, mata kuliah bagaimana melakukan riset sosial bukan prioritas utama. Mengapa mahasiswa harus peduli kelas penelitian, terutama jika mereka tidak memiliki rencana untuk menjadi peneliti setelah lulus kuliah?


Sangat penting untuk diingat bahwa penelitian ini adalah, bagi para ilmuwan sosial, cara mendasarorang-orang di bidang mereka memahami manusia.Selain itu, penerapan praktispenelitian dan pemahaman bagi para guru, pekerja sosial, dan terapisjuga didasarkan pada penelitian.Misalnya, mengapa fasilitas yang merawat pengguna narkoba menggunakansatu jenis terapi bukan yang lain? Karena penelitian pada pengobatan pengguna narkoba telah menunjukkan bahwa teknik-teknik tertentu yang lebih efektif daripada yang lain (Kaminer,Burleson, & Goldberger, 2002).Mengapa tidak efektif bagi imageguru sekolah terlalu banyak mengandalkan pada penghargaan dan bantuan untuk memotivasi siswa? karena penelitianmenunjukkan bahwa penghargaan ekstrinsik menyebabkan anak memilih berbagai tugas akademis yang kurang sulit(Harter, 1978).Bagaimana orang tua memutuskan apakah memukul pantat adalah bentuk disiplin yang efektif?Kemungkinan besar mereka membaca buku-buku tentang pengasuhan anak - dan diharapkan bahwa buku-buku tersebutdiinformasikan oleh penelitian.Penelitian menunjukkan bahwa hasil memukul pantat dalampenyesuaian langsung yang lebih tinggidengan tuntutan orang tua, tetapi juga lebih agresi memukulanakdalam jangka panjang (Gershoff, 2002).Kesimpulan dalam penelitian tidak selalusederhana, namun; peneliti lain telah melihat pemanfaatan memukul pantat sebagai suatu disiplinteknik dan menemukannya tidak merugikan seperti yang diduga (Baumrind, Larzelere,& Cowan, 2002).


Seperti yang akan Anda temukan melalui buku ini, penelitian melibatkan pengumpulan,analisis, dan interpretasi data, dan tidak semua peneliti setuju padamaknabukti penelitian yang sama.
Apakah Anda pernahatautidak melakukan penelitian Anda sendiri, apakah Anda perlu membuatkeputusan penting di tempat kerja Anda, atau apakah Anda berurusan dengan keluargaanggota yang membutuhkan bantuan psikologis, memahami dan menafsirkan penelitian ilmu sosialsangatlah penting untuk kewarganegaraan yang efektif dan berinformasi. Buku ini akan membantu Anda mengembangkankeahlian yang Anda butuhkan. Hal akandilakukan dalam dua cara.


Pertama, buku ini akan membuat Anda seorang pengguna penelitian. Sebagian dari Anda mungkin menjadi peneliti sosialprofesional, menghabiskan sebagian besar pekerjaan Anda benar-benar hidup terlibat dalam penelitian ilmu pengetahuansosial. (Ingat, meskipun, bahwa bahkan para peneliti profesional yang paling aktifhanya menghabiskan waktu mereka melakukan penelitian pada daerah yang sangat sempit penyelidikan sosial). Namun,kebanyakan dari Anda akan menghabiskan sebagian besar kehidupan profesional Anda membaca penelitian daripadamelakukannya. Bahkan, orang yang terlatih dalam ilmu sosial menggunakan keahlian penelitian mereka dalam ranah kehidupanselain profesi yang mereka pilih. Peneliti menggunakan keahlian riset mereka ketika mereka membacasurat kabar, politik membahas, dan mengasuh anak-anak mereka. Setelah membaca buku ini, Anda akanmemiliki perangkat yang diperlukan untuk menilai secara kritis klaim dari pengiklan, pendidik, lembaga survei,dan yang lainnya yang menyatakan bahwa pernyataan mereka benar secara faktual. Menjadi pengguna informasipenelitian sangat penting untuk berkompetensi dalam dunia yang kaya informasi.


Kedua, buku ini juga akan mengajarkan Anda menjadi pembuat penelitian. Jika minat Andaadalah pelayanan manusia, Anda tidak mungkin berpikir Anda akan melakukan studi penelitian. Namun,mampu melakukan penelitian akan membuat Anda sangat berharga bagi organisasi Anda.Kami yakin bahwa praktisi yang dapat melakukan penelitian akan sangatdihargai oleh organisasi pelayanan sosial.Dalamperaturanketenagakerjaankehidupannyata, keahlian risetsangat diperlukan namun kurang dimanfaatkan, buku ini merupakan upaya untuk membuat praktisi masa depanlebih nyaman dengan memakai dan membuat penelitian.Jika Anda dapat memasarkandiri Anda sebagai "seorangpeneliti" pada staf Anda, Anda akan sangat dihargai dalam tempat kerja Anda - dan Anda akan menghemat organisasi Anda banyak uang dari jasa penelitian luar.


Banyak dari Anda juga dapat mengejar studi tingkat lanjut di bidang psikologi, komunikasi, pendidikan,sosiologi, atau beberapa bidang ilmu sosial lainnya.Kebanyakan gelar master 's mengharuskantesis berbasis penelitian, dimana keahlian yang tercakup dalam buku ini sangat mendasar. Mereka yang mengejargelar terminal dalam ilmu sosial, khususnya gelar doktor, akan menghabiskan sebagian besar kehidupan profesional mereka terlibat dalam penelitian. Singkatnya, buku ini akan berbicara kepadabanyak mahasiswa dengan berbagai tingkatan berbeda.Kami berharap bahwa Anda merasakan buku ini berguna sebagai Permintaan akademis Anda saat ini, tetapi juga keahlian yang Anda pelajari dari buku ini akan tetapbersama Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.


Bab ini meliputi lima topik mendasar penting bagi usaha penelitian.Pertama, kami menggambarkan Pengertian umum proses penelitian. Kedua, buku iniberfokus pada pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk penelitian ilmu sosial,dan kami membahas perbedaan mendasar antara dua metode penyelidikan. Masing-masing pendekatandiperluas dalam bab-bab selanjutnya (metode kuantitatif yang dibahas dalam Bab3 sampai 6 dan metode kualitatif yang dibahas dalam Bab 7 sampai 10). Ketiga, kitamendiskusikan tujuan dan strategi menulis proposal penelitian. Merencanakan tujuanpenelitian sebelum pengumpulan data adalah penting untuk memastikan kualitas. Keempat, kitamengeksplorasi masalah etika penelitian. Konsep ini sering diabaikan oleh umum, tetapi sebagai anggota komunitas riset, adalah tugas Anda menjadiakrab dengan standar etika di mana peneliti harus mematuhi. Akhirnya, kami memperkenalkanunsur menggunakan SPSS. Kami akanmencakup teknik lebih maju dalam bab-bab berikutnya. Dalam bab ini kita hanya mengidentifikasiteknik awal yang diperlukan untuk memulai sebuah proyek penelitian.