-->

Hipotesa

image Dimana teori merupakan pernyataan umum dan pertanyaan penelitian adalahpernyataan tingkatmenengah,hipotesia (jamak dari hipotesis) adalahprediksi khusus mengenai apa yang akan terjadimenurut teori.Seperti yang kita akan pelajari dalam buku ini, teori dapat diujidenganbeberapa cara (yang akan kami ajarkan dalam buku).Dalam contoh sebelumnya remaja hamil, teori dapat diuji dengan membangun kuesioner mengukurdukungan sosial remaja, mewawancarai mereka sendiri, atau wawancarakeluarga dan teman-teman mereka.Hasil investigasi akan mengkonfirmasi atau membantah hipotesis bahwa dukungan sosial dari keluarga mempromosikan sehat bergunabagiremaja hamil.


Contoh lainnya, mempertimbangkan teori disonansi kognitif yang telah dibahas sebelumnya.Seorang peneliti dapat menghasilkan hipotesis bahwa ketika orang dipaksa untuk bertindakdalam cara tertentu, mereka akan menunjukkan lebih banyak dukungan positif bagi sikap yang sejalan dengan perilaku.Misalnya, teori disonansi kognitif akan mengatakan bahwa jika Anda memaksa seseorang untuk memakaisabuk pengaman, akhirnya sikap orang tersebut menuju mengenakan sabuk pengaman akan menjadi lebihpositif.Hipotesis ini berasal langsung dari teori, tetapi diutarakan dalam hal yangcukup spesifik untuk diuji.Yang membedakan teori dari hipotesis adalah bahwa teoridinyatakan dalam istilah umum dan hipotesis dinyatakan dalam bentuk spesifik,dapat diuji.


Hipotesis yang diajukan Ini, dihasilkan dari teori disonansi kognitif, harusdiuji untuk menentukan apakah bukti membenarkan atau menyangkal.kita katakan bukti bahwamembenarkan atau "mendukung" hipotesis.Alasan peneliti mengatakan dukungan (bukanmembuktikan) karena ilmu sosial berdasarkan sifatnya adalah upaya probabilistik.Saat Anda akan belajardalam buku ini, kami buat klaim penelitian didasarkan pada keyakinan bahwa ada probabilitas tinggibahwa kami benar.Kami tidak pernah mendapat 100% kepastian dalam ilmu sosial, tetapi penelitian lebih lanjutyang mendukung hipotesis, semakin besar kemungkinankomunitas ilmiah akanmenerima teori dan hipotesis sebagai benar.


Bahkan jika peneliti menemukan dukungan untuk hipotesis dalam satu penelitian, mereka berhati-hatitidak menyimpulkan bahwa temuan tersebut akan selalu terjadi. Dengan demikian, ilmuwan sosial cenderunghindari menggunakan kata membuktikan. Sebaliknya, para peneliti mengungkapkan temuan mereka dalam hal kemungkinan:ada kemungkinan bahwa temuan studi tertentu adalah benar, dan oleh karena ituhipotesis didukung. Misalnya, Steinberg dan Dornbusch (1991) membuat hipotesis bahwaremaja yang berpartisipasi dalam pekerjaan yangdigaji akan menderita konsekuensi negatifdalam aspek kehidupan lainnya. Mereka mengumpulkan data tentang perilaku kerja remaja dan sosial merekadan fungsi akademis. Data mendukung hipotesis mereka: jumlah yang lebih besar dibayarpekerjaan adalah berkaitan dengan nilai yang lebih rendah, partisipasi kurang dalam perilaku positif, dan meningkatkanpengalaman dengan obat-obatan dan alkohol. Karena hipotesis didukung denganbukti empiris, kita dapat yakin bahwa hubungan antara pekerjaan remajadan perilaku remaja negatif mungkin ada dan bahwa teori itu benar. Namun,tidak seperti disiplin ilmu lainnya, seperti logika formal dan berbagai jenis ilmu matematika, yang memilikiaturan keras dan cepat yang berlaku di semua kasus, para ilmuwan sosial tidak mengklaim bahwa temuan daristudi tertentu akan berlaku dalam segala situasi dan konteks.


Pendekatan semacam itu mungkin terdengar sementara, tetapi sebenarnya menambah keutuhanproses penelitian. Peneliti ilmu sosial mencari ulangan - peragaantemuan penelitian yang sama di tempat yang berbeda atau dengan sekelompok orang yang berbeda.Artinya, mereka berharap untuk mengulangi temuan mereka dalam penelitian mereka sendiri dan peneliti lainnyayang mengeksplorasi pertanyaan yang sama. Sebagai bukti yang menegaskan, yang tidak menegaskan, atau memodifikasi temuan awal yang ditemukan atau dikumpulkan, peneliti membentuk pemahamanmerekatentang apa yang dipelajari.


Ini menggambarkan sebuah elemen penting dari penelitian ilmu sosial, fakta bahwa itu adalah mengoreksi diri. Sama seperti surat suara dihitung pada malam pemilihan, teori-teori ilmiah terus menjadidiperbarui sebagai bukti lebih lanjut dikumpulkan dari lapangan (laboratorium penelitian dalam hal sosialilmu pengetahuan, suara daerah sekitar dalam kasus pemilihan). Sedangkan pemilu akhirnya berakhir, sifat penelitian yangmengoreksi diri memungkinkan bukti yang dikumpulkan tanpa pembatasan padawaktu. Di bidang ilmu pengetahuan, jajak pendapat tidak pernah dekat. Hal ini memungkinkan komunitas ilmiah untuk mengubah pikiran kolektifnyaberdasarkan bukti. Melalui keutuhan peneliti, penekananpada pengulangan temuan penelitian, dan ketergantungan pada verifikasi independen dari peneliti yang lain, peneliti memodifikasi klaim teoritis mereka dengan cara yang paling jujur​​, akurat,dan sepenuhnya memperhitungkan bukti.


Sebuah contoh yang bagus dari koreksi diri ini - berasal dari penelitian di bidang pendidikan dan psikologitentang apa yang memotivasi orang. Penelitian pada tahun 1950 pada pengkondisian operan menggambarkankekuatan penguat dalam meningkatkan perilaku yang diinginkan dan hukuman dimemadamkan perilaku yang tidak diinginkan (Skinner, 1997). Sampai hari ini, penguatan terlihatsebagai cara ampuh untuk memotivasi orang. Alat seperti kenaikan gaji, peningkatan pujian, danpenghargaan adalah cara-cara di mana guru, pengusaha, dan pelatih atletikmemotivasi staf mereka. Kemudian penelitian, bagaimanapun, menunjukkan situasi di mana orangtidak termotivasi oleh penguatan. Misalnya, Lepper, Greene, dan Nisbett (1973)memintaanak untuk bermain dengan mainan di laboratorium.Anak dipilih secara acak diberitahubahwa mereka akan menerima hadiah untuk bermain dengan mainan, anak-anak ini benar-benar bermainuntuk kurang waktu dengan mainan dibandingkan dengan anak yang tidak diberitahu bahwa mereka akan mendapatkan hadiah.Gagasan bahwa anak-anak yang mengharapkan hadiah terlibat dalam perilaku yang kurang menghargai darimereka yang tidak mendapatkan hadiah untuk melakukannya adalah dalam konflik langsung dengan prediksi daripengkondisian operan yang diberikanhadiah meningkatkan perilaku. Para peneliti menyimpulkan bahwaimbalan benar-benar berfungsi sebagai penjelasan bagi anak-anak mengapa mereka bermaindengan mainan (yaitu, "Saya harus bermain dengan mainan ini karena saya mendapatkan hadiah"), yangdisajikan untuk mengurangi motivasi dasar anak-anak (yang terlibat dalam perilaku untuk kepentingan sendiri) untuk bermain dengan mainan.Modifikasi temuan penelitian sebelumnya tersebut berguna untukmenggambarkan batas teori yang sedang diselidiki. Dengan kata lain, apakah melakukan Teori tertentumenjelaskan perilaku dalam segala situasi, atau hanya dalam kondisi tertentu? pengkondisian operandapat menjelaskan perilaku dalam banyak situasi, tetapi tidak di bawah kondisi yang telah ditetapkantercantum dalam percobaan dengan Lepper dan rekan-rekannya.Contoh ini menggambarkan bahwa setelah teori diajukan, dan hipotesis diuji dan didukung, ilmu pengetahuan selalu menjagapintu terbuka untuk modifikasi pemahaman kita yang ada berdasarkan bukti baru.