-->

Video Tutorial

Video Tutorial adalah sebuah metode transfer pengetahuan dalam format video dan merupakan bagian dari proses pembelajaran. Lebih interaktif dan khusus dari pada buku dan kuliah, tutorial mengajarkan contoh dan memberikan informasi untuk menyelesaikan tugas tertentu.
Tergantung pada konteks, sebuah tutorial mengambil salah satu dari banyak bentuk, mulai dari intruksi menyelesaikan tugas sampai pada sesi penyelesaian masalah secara interaktif.

Video tutorial biasanya dibangun dengan karakteritik sebagai berikut:

  1. Presentasi –> menjelaskan dan menunjukkan antar muka pada pengguna.
  2. Demonstrasi Proses –> menggunakan contoh untuk menunjukkan bagaimana alur kerja atau proses yang lengkap, seringkali dipecah menjadi beberapa modul atau bab terpisah.
  3. Beberapa metode kajian ulang yang memperkuat pemahaman tentang isi dalam modul atau bab terkait.
  4. Transisi atau peralihan ke modul atau bab tambahan yang dibangun berdasarkan petunjuk yang telah disediakan. Tutorial bisa dibuat secara linier atau bercabang.

Video Tutorial merupakan media pembelajaran berupa video yang dibuat untuk tujuan pembelajaran bagi pengguna untuk mengerti bagaimana menggunakan software (office, antar muka software, tool programming, dan video game). Selain itu Video Tutorial juga dapat berisi media mata pelajaran atau mata kuliah.

Ada tiga macam video tutorial software:

  1. Video tutorial yang hanya bisa ditonton atau disaksikan oleh pengguna untuk memamahi sesuatu
  2. Video Tutorial dengan fitur interaktif yang mana pengguna bisa ikut berpartisipasi langsung. Pengguna bisa melakukan latihan sambil mengerti langsung hasilnya.
  3. Webinar dimana pengguna berpartisipasi secara real-time proses kegiatan belajar mengajar, tutorial online, atau workshop secara remote menggunakan software conference.

sumber: en.wikipedia