-->

5 Jalur Lain Selain SNMPTN

Bagi yang Lolos SNMPTN 2020 tentu sangat berbangga karena mereka tidak perlu lagi berjuang di jalur lain. Jika sudah Lulus SNMPTN 2020 otomatis tidak bisa ikut SBMPTN 2020.

Namun, bagaimana nasib mereka yang tidak lolos SNMPTN 2020? Lebih sakit mana tidak lolos PDSS dari dulu daripada tidak lolos SNMPTN 2020 sekarang?
Anda dinyatakan tidak lulus seleksi SNMPTN 2020. Silakan mengikuti SBMPTN 2020

Jalur Selain SNMPTN

Pepatah mengatakan, mati satu tumbuh seribu: tidak lulus SNMPTN masih terbuka jalur lain yang tersedia. Kali ini saya akan memberikan informasi tentu jalur-jalur masuk perguruan tinggi yang sedang dibuka dan akan dibuka setelah pengumuman SNMPTN 2020. Saya berharap, kalian tetap semangat untuk mengejar jalur lain ini. Manfaatkan sisa waktu sebaik-baiknya. Tak ada gunannya untuk larut dalam kesedihan.

1. SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN atau juga disebut test center merupakan jalur masuk PTN dengan ujian jalur. SBMPTN 2020 menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Nilai dari UTBK nanti yang akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN 2020 Tidak mungkin bisa mendaftar SBMPTN 2020 tanpa ikut UTBK dahulu.

Info pendaftaran SBMPTN 2020 bisa diakses di https://pendaftaran.sbmptn.ac.id/.
 

2. Sekolah Ikatan Dinas

Katanya, Lulusan Pendidikan Kedinasan adalah Calon Menantu Idaman. Apakah kamu juga pengen jadi mantu idaman? Tidak ada salahnya jika kalian juga mendaftar Sekolah Ikatan Dinas 2020. Tunggu aja jadwal pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2020.

Jika pendaftaran dibuka dan syarat ketentuan sudah tersedia, manfaatkan waktu pendaftaran sebaik-baiknya karena persyaratan berkas-berkas cukup merepotkan. Nggak apa-apa susah-susah diawal jika akhirnya bakal jadi CPNS atau ASN. Setiap dari kamu hanya boleh memilih salah satu Sekolah Kedinasan saja ya! Untuk pendaftaran kalian bisa akses di https://sscasn.bkn.go.id/.
 

3. UM PTKIN

UM-PTKIN nampaknya terdengar asing bagi sebagian orang. UM PTKIN adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN/IAIN/STAIN. Sistem seleksinya serentak nasional seperti SBMPTN. Namun, soal um ptkin tentu berbeda dengan SBMPTN karena jurusan yang ditawarkan pun beda.

Diperbolehkan daftar utbk sbmptn dan umptkin bersamaan. Selama belum ada pengumuman, coba saja semua jalur masuk termasuk jalur UM PTKIN. Lulus dimananya dipikir belakangan yang penting berani mencoba dan berusaha.

Saya dulu mendaftar SBMPTN dan UMPTKIN dengan asumsi apabila tidak lolos SBMPTN masih punya harapan di UM PTKIN. Jadi, mulai sekarang kalian juga bisa mendaftar kedua jalur ini (SBMPTN & UMPTKIN). 

Seandainya kamu nggak lolos SBMPTN, masih ada harapan di UMPTKIN jika kamu ikut um ptkin. Optimis harus, tapi planning juga penting. Intinya, siapkan jalur cadangan yang kamu suka. Tidak harus UMPTKIN.
 

4. UMPN

Kepanjangan UMPN adalah Ujian Masuk Politeknik Negeri. Tes UMPN 2020 dilaksanakan serentak se-Indonesia yang terdiri dari kelompok ujian Soal UMPN Rekayasa dan Soal UMPN Tata Niaga. Jadi, UMPN ini adalah jalur ujian tulis dengan jumlah dan jenis seleksi yang sama nasional. Tes UMPN ini bisa dilakukan di Politeknik terdekat meskipun ia memilih Politeknik yang jauh. Misalnya, dia tinggal di Semarang tapi memilih prodi di PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) maka tes UMPN tidak harus di Surabaya tapi bisa di Semarang, misalnya di POLINES (Politeknik Negeri Semarang). Jika tertarik ingin ikut UMPN 2020

5. Ujian Mandiri

Jalur Mandiri ini bisa dibilang jalur masuk terakhir untuk ke PTN maupun PTKIN. Setiap universitas biasanya berbeda-beda dalam menetapkan jadwal seleksi jalur mandiri.Ada beberapa kampus yang menggunakan UTBK untuk mendaftar jalur mandiri juga. Jadi, mungkin nanti tidak perlu ikut tes lagi. Setiap kampus punya kebijakan masing-masing.

Namun, masih ada universitas lain yang menerapkan jalur mandiri dengan cara mengerjakan soal lagi alias tidak dari nilai sbmptn. Pendaftaran jalur mandiri tiap univ tadi beda-beda. Jadi kalian harus aktif dalam mencari informasi kapan pendaftaran jalur mandiri. Mau jadi mahasiswa harus berusaha sendiri mencari informasi.

Selain jalur mandiri PTN, masih ada beberapa pendaftaran universitas swasta, sipenmaru poltekkes, politeknik negeri juga bisa jadi pertimbangan bila kamu berminat.