-->

Rekomendasi Aplikasi Pembaca E-Modul PC, Laptop dan Android


E-modul merupakan bahan ajar yang dinilai inovatif untuk pembelajaran. Sebagai bahan ajar yang inovatif, sebaiknya e-modul dikembangkan oleh guru itu sendiri agar sesuai dengan karakter siswa dan metoda pembelajaran yang akan digunakan. E-modul dilengkapi dengan komponen bahan ajar sebagaimana mestinya serta gambar, video/ animasi dan quiz dan fiturinteraktif untuk menarik perhatian siswa.

Dalam panduan pengembangan bajan ajar oleh Depdiknas (2008) dijelaskan bahwa modul adalah sebuah buku yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan guru. Pembelajaran dengan modul memungkinkan seorang peserta didik yang memiliki kecepatan tinggi dalam belajar akan lebih cepat menyelesaikan satu atau lebih KD dibandingkan dengan peserta didik lainnya. Dengan demikian maka modul harus menggambarkan KD yang akan dicapai oleh peserta didik, disajikan dengan menggunakan bahasa yang baik, menarik, dan dilengkapi dengan ilustrasi.

E-modul adalah modul versi elektronik dimana akses dan penggunaannya dilakukan melalui alat elektronik seperti komputer, laptop, tablet atau bahkan smartphone. Text pada e-modul dapat dibuat menggunakan Microsoft Word. Tapi untuk menampilkan media yang interaktif, e-modul harus dibuat menggunakan program e-book khusus seperti Flipbook Maker, ibooks Author, Calibre, dan lain sebagainya. Kelebihan e-modul dari bahan ajar cetak adalah bahwa e-modul lengkap dengan media interaktif seperti video, audio, animasi dan fitur interaktif lain yang dapat dimainkan dan diputar ulang oleh siswa saat menggunakan e-modul. E-modul dinilai bersifat innovatif karena dapat menampilkan bahan ajar yang lengkap, menarik, interaktif, dan mengemban fungsi kognitif yang bagus. Suasana dan Mahayukti (2013) menemukan bahwa e-modul dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa dan mendapatkan respon positif dari siswa.

E-modul yang sudah jadi dapat disimpan dalam berbagai extension file sehingga dapat diputar pada komputer dengan sistem operasi berbeda. Untuk komputer Windows, e-modul disimpan dalam bentuk .exe. Untuk computer macintosh e-modul disimpan  dalam bentuk .app. Dan untuk web, e-modul disimpan dalam bentuk file.html. Selanjutnya, e-modul dapat diputar pada komputer yang telah memiliki program-program yang digunakan dalam mebuat media dalam e-modul itu. Jika e-modul memuat media yang dibuat dengan Macromedia Flash, maka e-modul dapat diputar pada komputer yang telah memiliki program Flash Player. Beruntungnya, program-program yang banyak digunakan dalam membuat e-modul sudah terdapat gratis pada banyak computer windows. membuktikan bahwa guru tertarik untuk membuat dan menggunakan e-modul untuk pembelajaran. E-modul dinilai mempunyai design yang menarik dan efektif untuk pembelajaran.

Pada Tanggal 11 Oktober 2018 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Workshop Pembahasan dan Penyempurnaan Aplikasi e-Modul dan Video Pembelajaran Direktorat Pembinaan SMA melanjutkan proses seleksi e-Modul dan Video  Pembelajaran & Belajar Bersama.
Hasil workshop sebelumnya setiap e-Modul, Video Pembelajaran & Belajar Bersama kembali diseleksi dan dipilah kesiap-gunaannya baik secara teknis, terutama kesesuaian materi terhadap Kurikulum.

Saat ini E Modul sudah bias di akses untuk seluruh bidang studi, silahkan cek E-Modul di bawah artikel ini

Jika sudah berhasil mendownload E-Modul  nanti akan dijumpai modul elektronik dari beberapa mata pelajaran yang telah dibuat oleh guru-guru untuk membantu peserta didik dalam mempelajari materi dari setiap mata pelajaran. Adapun Ekstensi file dari E-Modul berupa fila epub dan hanya dapat dibaca oleh program aplikasi Readium untuk pengguna PC atau Laptop
EPub adalah format standar yang diakui secara internasional dan kompatibel dengan berbagai perangkat lunak dan perangkat yang berbeda: terutama pembaca e-book (kecuali untuk beberapa merek, seperti Amazon Kindle), tetapi juga tablet dan smartphone. dan tentu saja komputer.
Jika Anda masih belum tahu cara membuka file ePub, langkah awal Yang harus Anda lakukan adalah mengunduh salah satu dari banyak aplikasi untuk ini dan menginstalnya di komputer. 

Ada beberapa Aplikasi untuk membaca EModul, mulai untuk Windows, Mac OS X Maupun Linux. 

Berikut Rekomendasi Aplikasi Pembaca EPUB untuk PC/Laptop


Calibre adalah aplikasi yang mengurus masalah buku digital, yang gratis, tetapi sangatlah kuat. Calibre juga mendukung buku digital dengan format EPUB dan juga beberapa format buku digital populer lainnya.
Dengan menggunakan aplikasi ini, sobat akan mendapatkan beberapa fitur menarik, antara lain:

  • Kita  dapat mengurus koleksi buku digital di Calibre, yang membuat Calibre akan terlihat seperti rak buku digital.
  • Kita juga bisa mengedit tag yang ada di buku digital, seperti judul, nama pengarang, tahun, penerbit, dan lain-lain.
  • Calibre juga punya fitur de-DRM untuk membaca buku digital yang terkunci dengan DRM di aplikasi lain.
  • Calibre juga punya fitur konversi yang mampu mengubah buku digital dengan format tertentu menjadi format yang lain.


Aplikasi rekomendasi yang kedua adalah Sumatra PDF. Sumatra PDF ini sendiri bisa dibilang berlawanan dengan Calibre. Ukuran aplikasi yang kecil, dan ringan. Sumatra PDF bisa membaca buku digital dengan format EPUB dan MOBI begitu pula dengan file PDF, XPS, dan bahkan buku komik digital dengan format CBZ dan CBR.

Sumatra PDF juga bisa digunakan di mode portable, membuat sobat bisa membawa meletakkan aplikasi ini di flashdisk dan menjalankan aplikasi ini tanpa perlu untuk menginstallnya sama sekali.
Dan yang terakhir adalah menggunakan Ekstensi Google Chrome, yang terakhir ini adalah paling banyak digunakan oleh pembaca


Cukup install ekstensi tersebut di Google Chrome, dan akan bisa membuka file EPUB langsung di browser.

Untuk Kategori Aplikasi yang bias kita gunakan untuk membaca EModul dengan format EPub menggunakan android berikut ini

  • Cari dan download file epub di google atau langsung ke link E-Modul KEMDIKBUD 
  • Download Aplikasi "Lithium epub reader" dari Google Playstore
  • Buka Aplikasi Lithium, Lithium akan secara otomatis membaca file epub dari penyimpanan Android
  • Pilih file yang ingin dibaca, 
  • Finish