-->

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas untuk keterampilan siswa SD,SMP dan SMA serta Ibu Rumah tangga

Selamat datang pengunjung Mystudio di seluruh Nusantara, semoga pada kesempatan sore hari ini kita semua masih diberikan kesehatan dan senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah Swt.

Selamat datang kembali di blog Mystudio. Pada kesempatan yang lalu saya telah berbagi keterampilan tentang pembuatan kerajianan tangan dari bahan bekas botol minuman,sedotan,korek api dll. 

Pada kesempatan ini akan berbagi tentang Aneka Kerajinan Tangan dari kain perca untuk keterampilan siswa SD SMP dan SMA serta Ibu Rumah tangga.Kita harus bisa memanfaatkan barang-barang disekita kita yang sudah tidak terpakai agar bisa bermanfaatk serta mimiliki nilai guna bahkan bisa mendapatkan penghasilan tambahan.Bagi guru serta murid keterampilan juga bisa  di coba dan diterapkan di lingkungan sekolah.

Barang-barang bekas tidak selamanya menjadi barang yang tidak memiliki daya guna jika Anda tau cara membuat kerajinan tangandari barang-barang bekas tersebut. Ketika berberes rumah, tentu banyak barang-barang yang menurut Anda sudah berkurang atau habis daya gunanya untuk Anda pergunakan. Berbagai cara membuat kerajinan tangan bisa Anda praktikkan.

Tidak perlu buru-buru membuang dan membakar beberapa barang-barang bekas yang Anda temukan di rumah. Kumpulkan saja barang-barang bekas tersebut yang kira-kira masih layak untuk Anda daur ulang kembali.

Ketika Anda menghabiskan waktu untuk berberes di rumah atau di gudang rumah Anda, sudah pasti Anda akan menemukan lebih dari satu barang bekas. Memang barang bekas terkesan butut dan tidak begitu menarik lagi untuk digunakan. Tapi ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan barang tersebut dengan cara membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas.

Selain Anda tidak perlu memngeluarkan modal yang banyak untuk membeli bahan bakunya, hasil jadinya nanti pun akan bisa Anda manfaatkan untuk pajangan rumah atau asesoris Anda.Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas adalah menemukan barang bekas itu sendiri terlebih dahulu.

Setelah itu baru Anda bisa memulai mempraktekkan cara membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas itu sesuai keterampilan Anda. Tidak perlu takut salah, tidak perlu takut gagal! Toh kalaupun hasilnya tidak sesuai harapan Anda, Anda tidak terlalu banyak mengalami kerugian karena bahan-bahan yang Anda gunakan adalah barang-barang bekas yang tidak perlu Anda beli.

Anda juga diharuskan memilah-milah barang bekas seperti apa yang ingin Anda olah menjadi kerajinan tangan. Jangan-mentang-mentang ingin mengolah barang bekas, lantas Anda sembrono mengumpulkan segala macam barang-barang bekas. Pilih saja barang-barang bekas yang memamng masih kelihatan cukup bagus, cukup bersih dan tidak terlalu butut.

Jadi ketika Anda mulai mempraktekkan cara membuat kerajinan tangan, Anda tidak terlalu kecewa dengan hasilnya karena jika Anda berhasil, hasil akhirnya akan lebih bagus dipandang mata ketimbang barang-barang bekas yang Anda pilih terlalu butut.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas – Jepit Cantik dari Sisa Kain Perca

Sendal jepit biasanya terbuat dari bahan karet polos. Karena harganya yang relatif murah dan bentuknya sangat sederhana, jarang sekali sandal jenis yang satu ini dibawa ke tempat umum. Kalau tidak untuk digunakan sebagai alas kaki di dalam rumah, sandal jepit paling tidak untuk menemani kaki Anda ke kamar mandi agar tidak licin.

Jika Anda kreatif, sandal jepit sederhana milik Anda bisa diubah menjadi lebih menarik. Tidak perlu beli baru, manfaatkan saja barang-barang bekas seperti kain perca sebagai bahannya. Berikut cara membuat kerajianan tangandari bahan bekas dengan sisa kain perca untuk sandal jepit Anda:
Bahan dan Alat:
sandal jepit polos
kain perca
pensil
gunting
lem tembak
pernak-pernik pendukung. Bisa gunakan sisa kancing baju berukuran besar jika ada.


Cara Membuat:
Letakkan sandal jepit Anda di atas kain perca. Ini gunanya agar Anda bisa membuat potongan pola sesuai ukuran sandal jepit Anda untuk alasnya. Gambar pola dengan pensil, lalu gunting.
Setelah pola alas kaki tersebut Anda gunting rapi, cocokkan ukuran kain perca di bagian atas alas kaki sandal jepit Anda. Jangan lupa, beri sedikit lubang di tengah dan dua sisi kiri kanan agar tali jepitan sandal tidak menghalangi kain perca yang akan ditempel.

Tempelkan kain perca yang sudah Anda gunting dan Anda cocokkan tadi di bagian atas alas kaki sandal jepit tersebut menggunakan lem tembak. Ingat, hati-hati menggunakan lem jenis ini karena jika terkena tangan akan terasa panas. Tekan dan rapikan kain perca hingga menutupi seluruh bagian atas alas kaki sandal jepit tadi, kecuali tali jepitannya.
Untuk bagian tali sandal jepit yang belum terkena sentuhan kain perca, Anda cukup menggunting sisa kain perca seukuran lebar 3 cm dan panjang yang bisa disesuaikan dengan besar sandal jepit Anda.
Beri lem di tali sandal jepit, lalu lilitkan dengan rapi sisa kain perca yang sudah dipotong dengan lebar 3 cm tadi di tali sandal jepit Anda hingga menutupi seluruh bagian tali jepitannya.
Setelah semua bagian sandal jepit Anda tertutup rapi dengan kain perca, kecuali bagian bawah sandal, kini Anda tinggal menambahkan aksesoris pemanis untuk sandal jepit Anda. Tempelkan kancing bekas aneka warna berukuran besar di salah satu sisi tali sandal jepit Anda.


Cukup mudah dan minimalis bahan untuk membuat kerajian tangan sandal dari kain kain perca ini bukan?
Cara membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas Sendal Jepit Lukis

Masih dengan bahan sandal jepit, namun kini dengan tampilan berbeda. Jika tadi cara membuat kerajinan tangan sandal jepit dari bahan kain perca, cara yang berikut ini lebih simpel lagi. Cukup praktikkan kemampuan Anda melukis atau menggambar pada media sandal jepit yang sudah mulai usang.
Bahan dan alat:
sendal jepit polos
cat Minyak
vernis
kuas
pensil
hair dryeratau alat pengering rambut. Jika tidak ada, bisa menggunakan kipas angin.


Cara membuat:
Tentukan gambar apa yang ingin Anda lukis di atas sandal jepit bekas Anda. Pilih gambar-gambar yang sederhana saja, agar tidak sulit jika Anda seorang pemula untuk urusan lukis-melukis. Gambar-gambar yang disarankan seperti gambar bunga, bintang, daun atau hati.
Gunakan pensil terlebih dahulu untuk membuat gambarnya.
Setelah gambar selesai Anda buat dengan pensil. Kini lapisi gambar Anda dengan cat minyak menggunakan kuas. Penuhi bidang sandal dengan warna hingga tidak ada bidang di bagian atas sandal yang terlihat kosong.
setelah semua bagian atas alas sandal jepit diwarnai, keringkan dengan menggunakanhair dryeratau bisa juga dengan bantuan kipas angin.
Setelah benar-benar kering. Lapisi gambar yang Anda lukis di atas alas kaki bagian atas sandal Anda tadi dengan menyemprotkan vernis. Gunanya vernis agar tampilan akhirnya menjadi lebih mengkilap. Lalu, kembali keringkan.

Nah, cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas sandal jepit lukis yang satu ini pun tidak kalah sederhana dan cocok untuk mengisi waktu luang Anda kan?
Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas – Lilin Hias dari Sisa Lilin

Anda mungkin punya lilin bekas yang ukurannya sudah hampir habis. Jangan buang sisa-sisa lilin di rumah Anda yang ukurannya sudah pendek. Tidak ada salahnya Anda membuat lilin dengan tampilan lain agar lebih canti menghiasi meja makan Anda. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk mempraktikkan caramembuatkerajinantangan ini:
Bahan dan Alat:
sisa-sisa lilin bekas pakai ( Semakin aneka warna,semakin bagus )
gelas kaca ukuran kecil
sumbu lilin (bisa di beli di toko kerajinantangan)
spidolwaterproof
pisaucutter


Cara membuat:
Iris halus lilin bekas hingga berbentuk butiran seperti pasir.
Hias gelas kaca dengan tulisan atau gambar-gambar dengan spidol waterproof.
Masukkan sumbu lilin sambil tuang serpihan lilin yang diiris halus tadi ke dalam gelas kaca. Padatkan hingga menjadi padat kembali dan sumbu lilin tegak. Jika lilin Anda beraneka warna, maka bisa memasukkan serpihan irisan lilin berselang-seling dengan warna lain. Padatkan kembali hingga penuh.
Kini lilin tampilan lilin Anda menjadi berbeda dari biasanya. Lebih cantik karena dikemas dalam gelas kaca yang telah Anda lukis dengan spidol warnawaterproof.



Demikian informasi dan pengetahuan tentang Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas untuk keterampilan siswa SD,SMP dan SMA serta Ibu Rumah tangga yang dapat saya bagikan kepada rekan guru dan pengunjung blog ini.Semoga keterampilan tersebut bisa menambah pengetahuan serta kreatifitas guru dan siswa.