-->

Tips Presentasi dan Pelatihan Online



Salah satu manfaat internet adalah kemampuan untuk memberikan presentasi atau pelatihan online. Disebut webinar, presentasi online telah meningkat seiring dengan perkembangan akses internet cepat. 
Webinar dapat dilakukan setiap saat, siang atau malam dan bisa dilakukan dengan webcam atau dengan penggunaan video atau gambar. 
Ketika melakukan presentasi online, podcast atau webinar, penting untuk diingat poin-poin untuk memastikan keberhasilan presentasi anda.

Untuk memiliki presentasi online atau acara pelatihan yang sukses, penting untuk diingat titik-titik kritis saat mendaftar orang untuk acara: 
Berikan informasi yang jelas tentang waktu dan tanggal. Karena akses global, beberapa partisipan webinar anda mungkin tinggal di zona waktu yang berbeda.

Pastikan waktu awal dan akhir jelas untuk semua yang tertarik untuk menghadiri. Tambahkan informasi zona waktu untuk memudahkan mencari waktu kapan mengakses. Presentasi online yang terbaik terjadi pada waktu yang nyaman untuk kehadiran yang terbaik. 

Buat halaman sign up yang jelas yang memungkinkan mereka yang merencanakan menerima email yang menyertakan link konferensi presentasi online. 

Berikan kejelasan tentang topik dan informasi yang akan dipelajari orang ketika mereka menghadiri presentasi online. 

Perencanaan masalah-yang menyediakan pengunjung kontak untuk dihubungi ketika pengunjung mengalami masalah saat menghadiri webinar. 

Berikan informasi persyaratan komputer dan kecepatan internet. Beberapa orang memiliki kecepatan yang terbatas, sehingga sangat membantu mereka untuk tahu kebutuhan apa saja saat menghadiri presentasi online anda.

Slideshow yang dibuat dengan software slideshow bekerja dengan baik untuk menyampaikan informasi atau fakta statistik. Jangan memperumit slide, buat sederhana dan rapi agar mudah dilihat. Gambar bekerja dengan baik dengan slide presentasi dan membantu menarik perhatian peserta training online. 

Gunakan banyak slide dari yang biasa anda lakukan dalam presentasi biasa. Karena anda tidak berada dalam ruangan dengan peserta anda, Anda perlu menjaga keterlibatan mereka dalam pelatihan online. Buat sederhana, bergerak dengan kecepatan yang baik dan memberikan banyak slide.

Uraikan presentasi anda di muka dan tetap dalam struktur tertentu. Jangan melompat ke seluruh bagian dalam informasi anda. Jika anda memiliki hasil spesifik yang ingin dicapai, seperti panggilan untuk beraksi, pastikan uraiannya jelas. Dengan menguraikan informasi di awal, akan membantu mempersiapkan presentasi slide. 

Jika Anda mengajar orang bagaimana menggunakan perangkat lunak tertentu atau aplikasi online, pastikan menunjukkan kepada mereka penggunaan sebenarnya menggunakan presentasi video saat mengajar. Jadilah kreatif, namun tetap sederhana bila menggunakan alat visual untuk membantu dalam presentasi online Anda. 

Jika Anda berencana memasukkan sesi tanya jawab, hal ini dapat dilakukan melalui internet juga, tetapi Anda perlu memastikan bahwa host apa pun yang Anda gunakan untuk presentasi online Anda memiliki fitur interaktif.

Selalu mengatakan dengan jelas, kenali tujuan Anda dan perkenalkan dengan ringkas. Sertakan manfaat atau fitur khusus jika Anda menjual sesuatu dan memiliki seruan aksi pada akhir webinar yang melibatkan audiens Anda untuk mengambil tindakan.